Hampir Seluruh Negara Bagian di Australia, Tutup Perbatasan dengan Victoria

9 Juli 2020 11:55 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Petugas kepolisian terlihat di jendela apartemen di Melbourne, ibu kota negara Bagian Victoria, Australia, 8 Juli 2020. Foto: Sandra Sanders/REUTERS
Australia telah memberlakukan lockdown selama enam pekan di Melbourne. Di samping lockdown, otoritas setempat juga memperketat perbatasan antar negara bagian.
ADVERTISEMENT
Lima juta warga Melbourne, negara bagian Victoria, harus tetap berada di dalam rumah, kecuali untuk berbelanja bahan makanan, berobat, berolahraga atau bekerja.
Victoria pada hari Rabu (9/7) melaporkan 134 infeksi baru virus corona, turun dari hari sebelumnya, namun masih tetap tinggi dibandingkan negara bagian lain.
Negara bagian dan teritori lain telah mencatat berkurangnya jumlah kasus bahkan ada yang nol kasus, sehingga mulai membuka kembali ekonomi mereka.
Namun berbagai upaya tetap dilakukan untuk mengurangi penyebaran virus corona, seperti halnya di Queensland, yang melarang orang non-resident yang datang dari Victoria. Sementara warga dari dari negara bagian lain bisa masuk ke wilayah itu pada Jumat (10/7).
Polisi memeriksa taksi di sebuah titik pemeriksaan di perbatasan Queensland-New South Wales di Coolangatta di Gold Coast. Foto: AAP Image/Dan Peled via Reuters
Pemerintah Queensland juga melarang orang-orang yang baru bepergian dari Victoria dan membayar karantina selama 14 hari di hotel.
ADVERTISEMENT
"Mereka membuat keputusan bahwa dua minggu dan biaya itu sepadan untuk keluar dari Victoria," kata Wakil Menteri Utama, Queensland Stephen Miles dalam konferensi pers dalam sebuah siaran televisi, seperti dikutip Reuters, Kamis (9/7).
"Kami tidak ingin itu berlanjut," tambahnya.
Begitupun dengan negara bagian terpadat New South Wales (NSW), yang menutup perbatasannya dengan Victoria. Australia Selatan juga menutup perbatasan dengan Victoria.
"Kami jelas berada pada tahap pandemi yang berbeda," kata Menteri Utama NSW, Gladys Berejiklian kepada wartawan di Sydney.
Pihak berwenang NSW melaporkan 13 kasus virus corona baru dalam 24 jam hingga Kamis(9/7) pagi, 11 kasus di antaranya berasal dari luar negeri dan berada di tempat karantina, termasuk 2 orang yang baru kembali dari Melbourne.
ADVERTISEMENT
Pemerintah NSW mengatakan siapa pun yang datang dari Victoria harus melakukan karantina selama 14 hari.
Warga mengenakan masker di depan supermarket, Sydney, Selasa (17/3). Foto: DAVID GRAY / AFP
Tasmania juga menutup perbatasannya untuk Victoria dan memperpanjang masa darurat virus corona hingga Akhir Agustus. Tasmania juga belum melaporkan kasus baru dalam delapan minggu terakhir.
Sementara negara bagian Australia Barat telah menutup perbatasannya dengan bagian Australia lainnya tanpa batas waktu sebelum wabah terakhir di Victoria.
Sebelumnya Australia telah memperlonggar pembatasan pada bulan Mei untuk kembali menghidupkan perekonomiannya. Sejauh ini Australia melaporkan sekitar 8.900 infeksi dan 106 kematian pada hari Kamis (9/7).
***
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona
***
Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.