H-5 Jelang Debat Kedua, Panelis Belum Selesaikan Pembuatan Soal

12 Februari 2019 16:36 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Anggota KPU, Ilham Saputra Foto: Intan Alfitry/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Anggota KPU, Ilham Saputra Foto: Intan Alfitry/kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Jelang debat pilpres kedua yang akan berlangsung pada Minggu (17/2), Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan persiapan debat sudah maksimal. Saat ini KPU masih menunggu pembuatan soal yang dikerjakan oleh para panelis.
ADVERTISEMENT
"Sudah tidak ada masalah. Kita tinggal menunggu soal dari panelis. Panelis masih diberi kesempatan untuk kemudian menyelesaikan soal-soalnya," kata Komisioner KPU Ilham Saputra di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (12/2).
Debat kedua nanti akan mengulas tema mengenai energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam dan lingkungan hidup. Ada enam segmen yang akan dijalani oleh kedua capres di debat nanti.
Ilham mengungkap, KPU tidak mengetahui secara spesifik mengapa para panelis masih belum menyelesaikan pembuatan soal. Namun KPU yakin para panelis dapat menyelesaikan pembuatan soal tepat waktu.
"Ya itu di kalangan panelis, mungkin ada diskusi, atau ada apa. Tapi kita yakin waktunya masih cukup untuk menyelesaikan soal," ucap Ilham.
Sementara mengenai pengunduran diri seorang panelis dari Universitas Airlangga Dr Suparto Wijoyo M. Hum, Ilham mengungkapkan tidak ada alasan khusus Suparto mundur sebagai panelis. Pengunduran diri itu langsung disampaikan Suparto kepada Ketua KPU Arief Budiman.
ADVERTISEMENT
"Ya dia mau mengundurkan diri, lewat telepon setahu saya. Lewat Pak Arief karena kan dia dari Unair kan, jadi sama-sama satu almamater sama Pak Arief sehingga mungkin lebih enak ya menyampaikannya. Memang karena ada kesibukan pribadi soal mengajar dan lain-lain," ujar Ilham.
Debat kedua nanti akan dilaksanakan di Hotel Fairmont, Jakarta Pusat. Debat antara capres nomor urut 01 Jokowi dan capres nomor urut 02 Prabowo Subianto ini akan dipandu dua moderator, yaitu Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki.
Jadwal Debat Pilpres 2019. Foto: Nunki Pangaribuan/kumparan