Foto: Upaya Penyelamatan Paus Pilot yang Terdampar di Tasmania, Australia

22 September 2020 16:20 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Kapal polisi di lokasi paus terdampar di perairan Macquarie Heads, Tasmania, Australia, Selasa (22/9). Foto: TASMANIA POLICE/via REUTERS
zoom-in-whitePerbesar
Kapal polisi di lokasi paus terdampar di perairan Macquarie Heads, Tasmania, Australia, Selasa (22/9). Foto: TASMANIA POLICE/via REUTERS
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Tim penyelamat berupaya membebaskan paus-paus yang terdampar di gundukan pasir, di lepas pantai barat Tasmania, Australia, Selasa (22/9).
ADVERTISEMENT
Sekitar 40 ilmuwan, 20 petugas polisi, nelayan serta para relawan lokal, turut dalam upaya penyelamatan tersebut. Mereka harus masuk ke air dingin setinggi pinggang, sambil membantu menarik para paus untuk kembali ke laut.
Paus pilot adalah spesies lumba-lumba samudra yang tumbuh sepanjang 7 meter (23 kaki) dan beratnya bisa mencapai 3 ton.
Maka dari itu, tim penyelamat harus mengunakan metode penyelamatan dengan mengaitkan tali penarik ke badan paus, kemudian perahu menyeret mereka ke tempat yang lebih dalam.
Upaya penyelamatan paus yang terdampar di gundukan pasir berlangsung di Macquarie Harbour, dekat Strahan, Tasmania, Australia, Selasa (22/9). Foto: AAP Image/The Advocate Pool via REUTERS
"Ini adalah peristiwa alamiah sehingga kami dapat menerima bahwa kami akan kehilangan beberapa hewan. Kami berfokus untuk menyelamatkan sebanyak mungkin paus yang kami bisa." ujar Kris Carlyon, ahli biologi satwa liar dari badan konservasi pemerintah negara bagian.
ADVERTISEMENT
Sampai saat ini sudah ada 25 paus yang berhasil dibebaskan dari perairan dangkal tersebut.
Dilansir Reuters, sekitar 90 dari 270 paus pilot telah mati akibat terperangkap di perairan dangkal sejak Senin (21/9) kemarin.
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona.