Foto: Potret Gunung Merapi Setelah Terdengar Suara Gemuruh di Tiga Titik

18 November 2020 22:06 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Potret Gunung Merapi pada Rabu (18/11).
 Foto: ANTARAFOTO/Andreas Fitri Atmoko
zoom-in-whitePerbesar
Potret Gunung Merapi pada Rabu (18/11). Foto: ANTARAFOTO/Andreas Fitri Atmoko
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Gunung Merapi yang berada di perbatasan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta saat ini berstatus Siaga atau level III. Aktivitas gunung berapi itu pun terus dipantau oleh Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG).
ADVERTISEMENT
Dalam laporan aktivitas Merapi periode pengamatan 18 November pukul 00.00 hingga 06.00 WIB, tercatat suara gemuruh guguran terdengar 3 kali di tiga titik pos pengamatan.
"Suara guguran terdengar 3 kali sedang hingga cukup keras pukul 4.45 WIB dari (pos) Babadan, Jrakah, Kaliurang," kata Kepala BPPTKG Hanik Humaida dalam laporan tertulisnya, Rabu (18/11).
Secara visual pada pengamatan tersebut gunung tampak jelas. Sementara asap kawah teramati berwarna putih, intensitasnya sedang hingga tebal dan tinggi 20 m di atas puncak kawah.
Sementara itu, untuk kegempaan tercatat ada 17 kali guguran, 6 kali embusan, 44 kali hybrid/fase banyak, dan 9 kali vulkanik dangkal.
Sebelumnya, BPPTKG telah menaikkan status Gunung Merapi dari Waspada atau level II ke Siaga atau level III sejak 5 November lalu. BPPTKG juga meningkatkan radius potensi bahaya dari 3 km menjadi 5 km dari puncak Gunung Merapi.
ADVERTISEMENT
***
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona.