Direnovasi, Istiqlal Tak Sediakan Parkir Jemaah Katedral Saat Natal

19 Desember 2019 15:53 WIB
comment
1
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Masjid Istiqlal dan Katedral Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Masjid Istiqlal dan Katedral Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pengelola Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral selalu saling membantu, baik saat perayaan Idul Fitri maupun Natal, contoh sederhananya adalah penyediaan lahan parkir bagi masing-masing jemaah. Namun dalam perayaan Natal tahun ini, Masjid Istiqlal tak bisa menyediakan lahan parkir
ADVERTISEMENT
Humas Masjid Istiqlal, Abu Hurairah, menjelaskan pihaknya tak bisa menyediakan lahan parkir karena Masjid Istiqlal tengah direnovasi.
"Jadi begini, untuk tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Soalnya tahun ini Istiqlal kan lagi direnovasi, jadi saudara-saudara kita yang Katolik yang ingin ibadah itu enggak bisa parkir kendaraan di Istiqlal," ujar Abu kepada wartawan, Kamis (19/12).
Kabag humas dan protokol Masjid Istiqlal Abu Hurairah. Foto: Abyan Faisal Putrarama/kumparan
Meski demikian, jemaah yang beribadah di Gereja Katedral saat perayaan Natal dapat memanfaatkan kawasan di sekitar Masjid Istiqlal, namun dengan keterbatasan.
"Iya enggak bisa masuk ke dalam. Paling di pinggir-pinggir jalan. Cuma itu terbatas karena takut mengganggu orang lewat terus sempit. Mungkin sudah penuh sama kendaraan proyek kita," tuturnya.
Pekerja menyelesaikan proyek renovasi Masjid Istiqlal di Jakarta. Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Abu mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan pengelola Gereja Katedral jauh-jauh hari terkait kondisi ini. Hal ini pun telah diketahui pihak Gereja Katedral.
ADVERTISEMENT
"Kita sudah kasih tahu jauh-jauh hari ke mereka. Pas hari Sumpah Pemuda kan kita kepanitiaan bersama, mereka sudah tahu sendiri, mereka lihat langsung proyeknya di Istiqlal," lanjutnya.
Renovasi Masjid Istiqlal Foto: Kevin Kurnianto/kumparan
Abu menjelaskan pihaknya tetap membuka diri apabila pihak Gereja Katedral membutuhkan bantuan, misalnya penyediaan toilet atau kamar mandi bagi jemaah.
"Paling mereka kalau mau memanfaatkan kamar mandi mungkin masih bisa. Natal itu kan ada beberapa kali kebaktian, yang datang duluan mungkin mau ngaso bisa di Masjid Istiqlal sambil nunggu jam kebaktiannya," tutupnya.
Seorang warga berada di lahan parkir, Gereja Katedral Jakarta. Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
Sementara itu, Kepala Suku Dinas Perhubungan Jakarta Pusat, Harlem Simanjuntak, menyebut pihaknya telah menyiapkan alternatif lahan parkir bagi jemaah yang akan ibadah di Gereja Katedral.
"Untuk lokasi parkir alternatif antara lain Kawasan Lapangan Banteng, Kantor Pos Pasar Baru, dan Hotel Borobudur," kata Harlem saat dikonfirmasi.
ADVERTISEMENT
Renovasi Masjid Istiqlal ini dilakukan sejak Juni lalu dan ditargetkan selesai pad Maret 2020. Renovasi ini merupakan renovasi besar-besaran sejak Masjid Istiqlal pertama kali didirikan.
Walau terlihat megah, Masjid Istiqlal yang usianya 41 tahun ini belum pernah mengalami perombakan yang signifikan sejak didirikan.