Data Pekanan Corona RI: Kematian Konsisten di Atas 1.000 Kasus

7 Juni 2021 13:47 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Pemakaman jenazah pasien corona di TPU Desa Bakalankrapyak, Kudus, Jawa Tengah, Kamis (27/5/2021). Foto: Yusuf Nugroho/Antara Foto
zoom-in-whitePerbesar
Pemakaman jenazah pasien corona di TPU Desa Bakalankrapyak, Kudus, Jawa Tengah, Kamis (27/5/2021). Foto: Yusuf Nugroho/Antara Foto
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Kasus corona di Indonesia masih terus melonjak. Teranyar, sorotan tajam mengarah ke Kabupaten Kudus yang mencatatkan kasus aktif ribuan dalam beberapa hari terakhir. Kudus pun jadi zona merah.
ADVERTISEMENT
Sementara di Indonesia, pertumbuhan kasus positif mengalami penurunan pada pekan ke-66 atau periode 31 Mei-6 Juni 2021. Meski begitu, hal itu juga diikuti oleh penurunan pada performa tes corona individu. Adapun pertumbuhan kasus kematian COVID-19 masih konsisten di atas 1.000 kasus dalam 7 pekan terakhir.
Bagaimana data corona pekan ini? Simak selengkapnya di bawah ini:

Kasus Positif

Kasus positif corona di Indonesia pekan ini tercatat sebesar 39.997. Jumlah ini lebih sedikit dibanding pekan sebelumnya yang tercatat sebesar 40.821 kasus corona.
Hal ini merupakan kabar baik. Sebab, pekan lalu kasus corona menandai kenaikan sebesar 56,61% dalam 2 pekan.

Positivity Rate

Meski kasus positif turun, namun indikator positivity rate justru meningkat dibanding pekan lalu. Rasio kasus positif dengan jumlah orang yang dites itu pekan ini berada di angka 10,40 persen.
ADVERTISEMENT
Padahal, pekan lalu positivity rate sempat menyentuh angka di bawah 10 persen yakni 9,95 persen. Semakin sedikit angka positivity rate semakin baik karena semakin sedikit orang positif corona dari orang-orang yang dites.
WHO merekomendasikan standar corona terkendali pada angka positivity rate maksimal 5 persen.

Jumlah Tes

Kenaikan positivity rate itu terjadi lantaran ternyata jumlah tes corona yang dihelat menurun pekan ini. Pekan lalu, tes corona sempat mencapai rekor tertingginya semenjak pandemi di Indonesia sebesar 432.029 tes.
Adapun pada pekan ini, tes swab PCR-TCM-Antigen menurun menjadi 384.408.

Kasus Meninggal dan Sembuh

Kasus meninggal akibat COVID-19 pekan ini sebesar 1.208. Jumlah ini meningkat ketimbang pekan lalu di angka 1.076. Akibat kenaikan ini, jumlah kasus meninggal masih terus di atas angka 1.000 dalam 7 pekan terakhir.
ADVERTISEMENT
Kabar baiknya, penambahan kasus sembuh berjumlah 39.997. Angka ini mengalami kenaikan dibanding pekan sebelumnya yang tercatat sebesar 30.953.

Tingkat Kesembuhan dan Kematian

Pekan ini, tingkat kesembuhan corona di Indonesia berada di angka 104,94 persen. Jumlah ini mengalami kenaikan dibanding pekan sebelumnya yang di angka 75,83 persen.
Kenaikan tingkat kesembuhan di atas 100 persen sepekan terjadi lantaran jumlah sembuh lebih banyak ketimbang jumlah positif corona pekan ini. Angka sembuh itu bisa jadi diambil dari pasien yang sudah positif corona dari pekan-pekan sebelumnya.
Sementara, tingkat kematian berada di angka 3,02 persen. Jumlah ini mengalami kenaikan dibanding pekan sebelumnya yang berada di angka 2,64 persen.