Bupati Bekasi Meninggal, Bamsoet Minta Kepala Daerah Contoh Prokes Presiden

13 Juli 2021 15:00 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin menerima kunjungan dari para tokoh lintas agama di Istana Merdeka,  Selasa (2/6). Foto: Dok. Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden
zoom-in-whitePerbesar
Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin menerima kunjungan dari para tokoh lintas agama di Istana Merdeka, Selasa (2/6). Foto: Dok. Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Bupati Bekasi Eka Supria Atmadja tutup usia pasa Minggu (11/7) malam. Ia meninggal setelah berjuang melawan COVID-19 selama sepekan di Rumah Sakit Siloam, Tangerang.
ADVERTISEMENT
Merespons hal ini, Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyoroti standar protokol kesehatan bagi para kepala daerah.
"Kematian Kepala Daerah akibat terpapar COVID-19 bertambah dengan wafatnya Bupati Bekasi yang meninggal selama pandemi. Hal ini memunculkan pertanyaan soal standar protokol kesehatan yang diterapkan di pemerintah daerah (pemda)," kata Bamsoet, Selasa (13/7).
Bamsoet meminta seluruh pemda untuk mengevaluasi standar protokol kesehatan yang diterapkan, khususnya standar untuk pelaksanaan tugas kepala daerah dalam kondisi pandemi COVID-19, sebagai upaya perlindungan terhadap kepala daerah dalam melaksanakan tugasnya.
Ketua MPR Bambang Soesatyo disuntik vaksin corona. Foto: MPR
Sebab, dengan begitu, Bamsoet berpendapat hal iti dapat meminimalisasi kepala daerah terpapar COVID-19 akibat berinteraksi dengan tamu dan masyarakat.
Selain itu, Bamsoet juga meminta pemda agar mempertimbangkan adanya pendampingan tenaga kesehatan dari dinas kesehatan setempat yang bertujuan untuk menjaga dan mengingatkan kepala daerah.
ADVERTISEMENT
"Agar tetap memperhatikan protokol kesehatan saat bertugas sekaligus memantau kondisi kesehatannya, khususnya bagi kepala daerah yang memiliki komorbid," tutur Waketum Golkar ini.
Presiden Joko Widodo turun dari mobil untuk meninjau vaksinasi COVID-19 di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Kamis (10/6). Foto: Hafidz Mubarak A/ANTARA FOTO
Lebih lanjut, Bamsoet meminta setiap kepala daerah untuk tetap memberikan contoh kedisiplinan dalam menerapkan prokes pencegahan COVID-19 khususnya saat bertugas di lapangan.
"Hal ini penting dalam mencegah kepala daerah dari terpapar COVID-19 sekaligus menghindari bertambahnya jumlah kepala daerah yang terpapar," tandas Bamsoet.
Akibat meninggalnya Bupati Bekasi, kini Pelaksana Harian Bupati adalah Plt Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bekasi Herman Hanafi.