Bertemu JK, Wapres AS Paparkan Kebijakan "America First"

20 April 2017 14:52 WIB
comment
2
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Mike Pence bertemu Jusuf Kalla (Foto: Kevin Kurnianto/kumparan)
Di bawah kepemimpinan Donald Trump, Amerika Serikat memiliki kebijakan luar negeri baru: America First. Kebijakan inilah yang coba Wakil Presiden AS Mike Pence sampaikan dalam pertemuan bilateral dengan Wakil Presiden JK, Kamis (20/4).
ADVERTISEMENT
Dalam pertemuan tersebut, Pence kepada JK mengatakan AS akan fokus kepada peningkatan hubungan perdagangan dan investasi yang menguntungkan negaranya. Pemerintah, kata JK, akan mencoba memahami jenis kebijakan baru AS ini serta dampaknya ke Indonesia.
"Tentu kita ingin pahami dulu yang mereka maksud dengan America First ini," kata JK di Istana Wapres di Jakarta Pusat, Kamis (20/4).
Kebijakan America First dicanangkan sejak Trump berkampanye presiden tahun lalu. Berdasarkan program ini, Trump mengedepankan rakyat Amerika dan keamanan Amerika di atas segalanya.
Mike Pence bertemu Jusuf Kalla. (Foto: Kevin Kurnianto/kumparan)
Salah satu bentuk kebijakannya adalah larangan masuk bagi warga dari negara-negara mayoritas Muslim yang berkonflik. Selain itu, Trump juga mulai meninjau hubungan dengan negara-negara yang membuat nilai perdagangan AS defisit.
ADVERTISEMENT
Awal bulan ini, Trump menyebut beberapa negara yang membuat AS rugi, salah satunya Indonesia. Amerika Serikat mengklaim mengalami defisit perdagangan hingga 500 miliar dolar AS atau mencapai Rp 6.650 triliun.
Menanggapi kebijakan America First ini, pemerintah Indonesia telah mempersiapkan beberapa strategi melalui Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Perdagangan.
JK mengaku akan ada pertemuan lanjutan untuk membahas kemungkinan-kemungkinan baru atas kebijakan yang dibawa AS ini.
"Kita juga segera merundingkan strategic partnership khususnya di bidang ekonomi dengan AS. Karena itu Ibu Menlu, Menteri Perdagangan beserta dubes kita akan mempersiapkan dalam pertemuan (selanjutnya)," kata JK.
Indonesia adalah negara Asia ketiga yang disambangi Pence, setelah Korea Selatan dan Jepang dalam dua pekan terakhir ini. Setelah dari Indonesia, Pence akan menyambangi Australia.
ADVERTISEMENT