Bantu Salurkan Bansos Tunai Sebelum Lebaran, Andika Perkasa Kerahkan 210 Kodim

29 April 2022 14:28 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menggelar rapat dengan seluruh jajaran panitia pusat penerimaan prajurit TNI tahun anggaran 2022, Rabu (30/3/2022). Foto: Instagram/@jenderaltniandikaperkasa
zoom-in-whitePerbesar
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menggelar rapat dengan seluruh jajaran panitia pusat penerimaan prajurit TNI tahun anggaran 2022, Rabu (30/3/2022). Foto: Instagram/@jenderaltniandikaperkasa
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
TNI mengerahkan 210 Kodim untuk membantu penyaluran bansos tunai kepada masyarakat di 257 Kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Program Bantuan Tunai untuk Pedagang Kali Lima, Warung dan Nelayan (BTPKLWN) ini mulanya menyasar 106 wilayah melalui 97 Kodim.
ADVERTISEMENT
“Kita jadi mendapat 210 Kodim total, di dalam 210 Kodim itu ada 97 Kodim yang sejak minggu lalu sudah memberikan bantuan yang besarnya Rp 600 ribu," ujar Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa saat video conference dikutip dari kanal Youtubenya, Jumat (29/4).
"Sekarang yang 97 Kodim tadi juga ditambahi lagi sama pemerintah untuk membagikan tambahan Rp 300 ribu lagi ke setiap orang yang ada di situ," lanjutnya.
Andika mengatakan tambahan bantuan tunai yang diberikan pemerintah menjadi lebih luas cakupan wilayahnya. Adapun dalam penyalurannya TNI dan Polri akan dikerahkan dengan pembagian di sektor yang berbeda.
Sejumlah warga antre untuk mendapatkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) subsidi minyak goreng di Kantor Merdeka Palembang, Sumatera Selatan, Senin (18/4/2022). Foto: Nova Wahyudi/Antara Foto
Penyaluran bantuan tunai ini merupakan kolaborasi antara Kementerian Sosial dengan TNI dan Polri. Data penerima bantuan yang digunakan adalah milik TNI dan Polri, bukan dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).
ADVERTISEMENT
Andika meminta seluruh jajaran Kodim memahami kriteria penerima bantuan hingga mekanisme penyaluran bantuan yang akan dilakukan.
Dia menegaskan bantuan pemerintah kali ini diperuntukkan bagi masyarakat untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari, terutama kebutuhan pokok seperti minyak goreng.
“Diharapkan seluruh bantuan tunai ini dapat disalurkan sebelum Hari Raya Idul Fitri tahun 2022,” pungkasnya.
Reporter: Akbar Maulana
===
Kamu mudik di lebaran tahun ini? Share informasi di sepanjang jalur mudik ke email [email protected]. Kirimkan foto atau video beserta informasi singkat. Jangan lupa sertakan kontak yang bisa dihubungi tim redaksi kumparan.
Laporan terbaik akan mendapatkan hadiah voucher Happyfit masing-masing senilai Rp 500 ribu untuk 5 orang dan saldo digital masing-masing Rp 300 ribu untuk 10 orang.
ADVERTISEMENT