Balai Pelestarian Cagar Budaya Tidak Tahu Ada Restoran di Dalam Gua di Bali

15 Juli 2022 14:56 WIB
ยท
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Restoran dalam goa di Bali. Foto: Dok. Istimewa
zoom-in-whitePerbesar
Restoran dalam goa di Bali. Foto: Dok. Istimewa
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya Bali Ni Komang Anik Purniti mengaku tidak tahu ada restoran di dalam gua di Hotel The Edge, Jalan Pura Gua Lempeh, Desa Adat Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung.
ADVERTISEMENT
Anik mengaku baru pertama kali menemukan sebuah gua dimodifikasi menjadi restoran di Pulau Dewata. Restoran di dalam gua ini dinamai pihak hotel sebagai The Cave.
"Terus terang kami juga belum tahu (tentang restoran di dalam gua). Saya baru tahu kali ini. Baru tahu saya ada gua yang dimanfaatkan menjadi restoran karena memang selama ini gua (di Bali) ini banyak ya, saya baru tahu ini," katanya saat dihubungi wartawan, Jumat (15/7).
Berdasarkan catatan Anik, gua tersebut juga belum tercatat sebagai objek cagar budaya. Ia akan berkoordinasi dengan Dinas Kebudayaan Kabupaten Badung untuk mengecek gua ini.
"Memang gua ini belum terdaftar sebagai objek diduga cagar budaya. Mungkin dengan berita ini (temuan restoran dalam gua) , saya akan koordinasi dengan Dinas Kabupaten Badung. Apakah nanti nanti dinas akan turun karena kewenangan wilayah ada di Badung dulu, nanti kita bersama-sama (mengecek lokasi)," katanya.
Restoran dalam goa di Bali. Foto: Dok. Istimewa
Anik juga enggan berkomentar lebih jauh mengenai laik atau tidaknya sebuah restoran berdiri di dalam gua. Ia meminta waktu untuk berkoordinasi dengan Dinas Kebudayaan Badung untuk menelusuri lebih jauh keberadaan gua ini.
ADVERTISEMENT
"Kita lihat dulu, kita belum tahu situasinya seperti apa. Nanti kota koordinasi dengan Dinas Kebudayaan kabupaten Badung dulu. Karena belum semua tentu cagar budaya, kita tahu tergantung daerahnya," katanya.

Viral di Medsos

Temuan restoran dalam gua ini diviralkan oleh warganet di medsos. Mereka mempertanyakan potensi keberadaan restoran merusak gua dan standar keselamatan pengunjung, seperti stalaktit dan stalagmit jatuh.
Camat Kuta Selatan Ketut Gede Arta telah menerjunkan Satpol PP untuk mengecek ke lokasi. Dari hasil pemeriksaan, petugas menemukan restoran dalam gua di hotel tersebut.
Restoran dalam goa di Bali. Foto: Dok. Istimewa
Menurut manajemen hotel, gua tersebut ditemukan saat mereka melakukan pembangunan di area halaman hotel. Area halaman ada yang jebol.
ADVERTISEMENT
Petugas menemukan sebuah lubang besar atau gua di area yang jebol tersebut. Pihak hotel lalu memodifikasi gua tersebut menjadi area restoran.
Berdasarkan informasi yang diunggah pada laman website restoran tersebut, mereka menemukan gua alam ini saat melakukan pembangunan vila tahun 2013 lalu.
Restoran ini menyajikan 7 hidangan yang dipatok dengan harga Rp 1,4 juta hingga Rp 3,2 juta.
Sementara itu, Kadis DPMPTSP Kabupaten Badung Made Agus Aryawa belum memberikan tanggapan terkait izin restoran dalam gua ini.