Anies Sebut Pembiayaan Rumah di Jakarta Mirip Kredit Motor

30 April 2017 12:36 WIB
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Anies menunjukan surat suara usai mencoblos. (Foto: Reuters/Beawiharta)
Gubernur terpilih DKI Jakarta Anies Baswedan menargetkan setiap warga di Jakarta memiliki rumah masing-masing. Dengan program kredit rumah nol rupiah, Anies berjanji pembiayaan rumah akan serupa dengan kredit motor. Dalam kunjungannya ke Rusun Tambora, Jakarta Barat, Minggu (30/4), Anies berkata tempat tinggal yang nantinya bisa dimiliki warga bisa berupa rumah tapak atau rumah susun dengan beragam ukuran. "Yang penting kami ingin warga punya rumah sendiri, apakah tapak atau rusun, ukurannya ada pilihan yang tersedia," katanya. Sejauh ini dia belum menjelaskan kerja sama macam apa yang akan dijalin antara pemerintah dengan perusahaan finansial atau pengembang properti.
ADVERTISEMENT
Dalam kesempatan ini, Anies menjelaskan bahwa mekanisme pembiayaan rumah di Jakarta akan sama dengan pembiayaan kredit motor. Warga bisa memilih motor merek apa saja, tipe, dan ukurannya, yang akan dimililki dengan cara meminta bantuan pembiayaan ke perusahaan finansial. Sama seperti rumah, warga Jakarta bisa memilih tipe rumah dengan ukuran, tipe, dan harga yang berbeda. Skema dan jumlah pembayaran disesuaikan dengan jenis yang dipilih. "Kalau program itu memang seperti pembiayaan kredit motor. Kan enggak ditanya rodanya berapa, mereknya apa, apa itu variasinya. Yang penting pembiayaannya saja, tapi bisa dimiliki," jelas Anies.
ADVERTISEMENT
Dengan mekanisme seperti itu, dia berharap warga Jakarta mempunyai pilihan rumah masing-masing. "Semua jenis rumah. Karena ini mekanisme pembiayaannya kayak kredit motor. Boleh motor roda tiga, atau dua. Kaya rumah itu kamar dua atau tiga. Ukuran dan jenis boleh apa saja, karena yang kami atur pembiayaannya. Dengan mekanisme pembiayaan itu, warga punya pilihan," tuturnya. Baca juga: Ada Program DP 1 Persen Jokowi, Anies Makin Optimistis dengan DP Rp 0 Anies dan wakilnya, Sandiaga Uno, menyebut program uang muka rumah nol rupiah sudah diperhitungkan dari berbagai aspek dan mereka yakin program terobosan itu bisa dieksekusi. Program rumah dengan uang muka 0 rupiah ini akan mulai direalisasikan sejak tahun pertama ketika Anies dan Sandi memimpin DKI.
ADVERTISEMENT