Anies Bagikan 11.999 Kartu Lansia Jakarta 2019

24 April 2019 8:53 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Anies Baswedan bagikan Kartu Lansia Jakarta. Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Anies Baswedan bagikan Kartu Lansia Jakarta. Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membagikan 11.999 Kartu Lansia Jakarta (KLJ) tahun 2019 di Koja, Jakarta Utara, Rabu (24/4). Dalam sambutannya, Anies memastikan program KLJ ini harapannya untuk membantu kesejahteraan warga Jakarta.
ADVERTISEMENT
“Kita merasa bersyukur warga Jakarta hari ini, utamanya yang usia lanjut, bisa sama-sama kita dukung, kita bantu kesejahteraannya. Yang hadir ini orang tua kita, bukan orang lain. Yang hadir yang dulu membesarkan, merawat mendidik kita semua,” kata Anies di lokasi, Rabu (24/4).
Anies mengatakan sudah sepatutnya para orang tua diperlakukan secara istimewa. Untuk itu, ia meminta kepada Bank DKI yang ditunjuk sebagai sarana mencairkan dana bisa memperlakukan para penerima KLJ dengan baik.
Penyerahan Kartu Lansia Jakarta (KLJ). Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan
“Saya berharap bahwa pemberian kartu ini bukan sekadar kartu dan berapa nilainya, tapi bagaimana menghargai dan menghormati orang tua. Perlakukan orang tua sebagai customer prioritas, perlakukan sebagai customer platinum kalau diperbankan,” pinta Anies.
Lebih lanjut, Anies berpesan kepada para jajarannya agar mendata para lansia di Jakarta. Sebab, Anies tidak mau ada lansia yang belum mendapatkan haknya. Ia juga menyarankan agar pendataan lansia bisa dimaksimalkan melalui kerja sama dengan PKK.
ADVERTISEMENT
“Bila bisa menemukan lebih banyak orang tua yang membutuhkan, harus diperlakukan seperti menemukan sumur pahala yang tak pernah berhenti,” tutur Anies.
Penyerahan Kartu Lansia Jakarta (KLJ). Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan
Usai memberikan sambutan, Anies menyaksikan proses penarikan dana oleh perwakilan lansia di ATM yang sudah ada di mobil Bank DKI. Turut hadir dalam acara ini adalah Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta Irmansyah, Wali Kota Jakarta Utara Syamsudin Lologau, dan Ketua Tim Penggerak PKK Fery Farhati.
Untuk diketahui, anggaran Bansos PKD lansia adalah Rp. 291.016.800.000 dengan sasaran sebanyak 40.419 lansia penerima manfaat. Penyaluran dibagi dalam 2 tahap dengan rincian yaitu sebanyak 28.420 lansia yang telah mendapatkan KLJ di tahun 2018 secara otomatis telah menerima dana bansos PKD lansia dan menarik dananya melalui ATM Bank DKI dari bulan Januari sampai Maret 2019.
ADVERTISEMENT
Sedangkan KLJ yang baru, akan didistribusikan kepada 11.999 lansia penerima manfaat baru yang telah melalui proses verifikasi dan validasi Basis Data Terpadu (BDT) didistribusikan dimulai hari ini untuk 5 wilayah kota administrasi.