Andika Perkasa Bicara Sosok Calon Kuat Pangkostrad

14 Januari 2022 14:52 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa saat kunjungan kerja ke Markas Wing I Korps Pasukan Khas (Korpaskhas) TNI AU, di Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur,  Kamis (16/12). Foto: Puspen TNI
zoom-in-whitePerbesar
Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa saat kunjungan kerja ke Markas Wing I Korps Pasukan Khas (Korpaskhas) TNI AU, di Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Kamis (16/12). Foto: Puspen TNI
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa masih menggodok nama sejumlah pejabat, termasuk Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) yang sudah 2 bulan kosong. Semua masih dibicarakan di Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi alias Wanjakti.
ADVERTISEMENT
Andika Perkasa mengatakan, Pangkostrad akan diumumkan bersama dengan 28 pejabat baru di organisasi teranyar TNI yang dibentuk 2019. Lalu, kriteria sosok Pangkostrad yang pas seperti apa?
Andika membeberkan kriteria tersebut.
"Kandidat kalau untuk yang Pangkostrad di Angkatan Darat, kalau kemudian Pangkohanudnas di Angkatan Udara, bintang tiga juga, dengan Panglima Koarmada RI di AL," ujar Andika kepada wartawan di sela kunjungannya di gedung Kejaksaan Agung, Jaksel, Jumat (13/1).
Untuk memperoleh posisi tersebut, Andika menjelaskan banyak pejabat bintang dua di Angkatan Darat yang dinilainya memiliki kapabilitas dan kapasitas yang baik.
Meski begitu, Andika enggan membeberkan siapa nama calon kuat Pangkostrad tersebut sampai nantinya diumumkan Wanjakti bersamaan dengan pengumuman 28 jabatan baru di lingkungan TNI.
ADVERTISEMENT
"(Calon) itu semuanya adalah bintang dua yang sudah eligible (memenuhi syarat). Jadi banyak (nama calonnya), masing-masing banyak ini calonnya. Jadi nanti kita lihat saja di dalam proses Wanjakti, ya," kata Andika.
Posisi Pangkostrad kosong setelah Dudung Abdurachman dilantik menjadi KSAD oleh Presiden Joko Widodo, Rabu (17/11/2021). Dudung dipercaya untuk rangkap jabatan sebagai Pangkostrad sembari menunggu pejabat definitif.