Airlangga Yakin Posisi Ketua MPR untuk Golkar karena Pemenang Kedua

19 Mei 2019 20:27 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto. Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto. Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Partai Golkar mulai menyuarakan keinginannya untuk menempatkan kadernya dalam posisi Ketua MPR. Tak tanggung-tanggung, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengungkapkan hal itu langsung di depan Presiden Jokowi dan Ketum PKB Muhaimin Iskandar dalam acara buka puasa bersama Golkar.
ADVERTISEMENT
Dalam penjelasannya, Airlangga menyebut posisi Ketua MPR layak untuk kader Golkar lantaran partai berlambang pohon beringin itu menjadi pemenang kedua pemilu ketimbang PKB. Dia menyamakan hal itu berdasarkan urutan pemenang pemilu.
"Ini sedang dimulai, sesudah tanggal 22 (Mei). Kalau di DPR RI sudah jelas berdasarkan perolehan kursi. Jadi Golkar di situ dapat wakil ketua," kata Airlangga usai menggelar buka puasa di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (19/5).
Suasana Buka Puasa Bersama Jokowi dan Elite Golkar di Hotel Sultan. Foto: Fahrian Saleh/kumparan
"Tapi dalam konvensi koalisi mendukung Pak Presiden akan mendukung paket dalam MPR. Untuk itu usulannya karena Golkar pemenang kedua Golkar sebagai ketua MPR, " lanjutnya.
Kendati demikian, Airlangga memastikan, keinginan partainya itu tetap akan dibahas bersama partai koalisi Jokowi-Ma'ruf lainnya. "Tentu kita akan berunding antarpartai koalisi. Kemudian nanti siapa yang akan diusung," jelas Airlangga.
Suasana Buka Puasa Bersama Jokowi dan Elite Golkar di Hotel Sultan. Foto: Fahrian Saleh/kumparan
Pembahasan nantinya juga merujuk pada posisi bagi kader partai di luar koalisi pendukung Jokowi-Ma'ruf. Baginya, siapa yang terpilih nanti merupakan pilihan terbaik. "Nanti akan kita bahas, nanti kita akan pilih dari partai terbaik," tuturnya.
ADVERTISEMENT
Sebelum Airlangga, Cak Imin sudah mengincar posisi tersebut bahkan sudah mengakuinya di depan awak media beberapa waktu lalu. Cak Imin memperkirakan PKB akan memperoleh 60 kursi di DPR.
"Mbak Puan (Puan Maharani) jadi Ketua DPR, Insyaallah saya ketua MPR," kata Cak Imin di kediamannya, Jalan Widya Chandra, Jakarta Selatan, Sabtu (18/5).