6 Akun Twitter Pemerintah yang Dilanda 'Demam' Rindu Berat ala Dilan

31 Januari 2018 18:33 WIB
comment
1
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
​Dilan & Benyamin Biang Kerok (Foto: Instagram @falconpictures_)
zoom-in-whitePerbesar
​Dilan & Benyamin Biang Kerok (Foto: Instagram @falconpictures_)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Film 'Dilan 1990' terus menjadi perbincangan. Sejak tayang di layar lebar pada Kamis (25/1), film yang berkisah tentang kisah cinta Dilan dan Milea itu sudah ditonton lebih dari 1 juta orang.
ADVERTISEMENT
Demam Dilan pun melanda netizen. Mulai dari video parodi hingga plesetan kalimat-kalimat ala Dilan, banyak diunggah di media sosial.
Salah satu kutipan dalam film 'Dilan 1990' yang paling banyak dijadikan parodi adalah kalimat yang diucapkan Dilan kepada Milea "Jangan rindu, Berat. Kamu nggak akan kuat, biar aku saja,"
Demam 'Dilan' juga merambah hingga ke institusi pemerintah. Seolah tak mau kalah, sejumlah akun Twitter resmi pemerintah juga memparodikan kalimat yang menjadi ciri khas Dilan tersebut.
kumparan (kumparan.com) merangkum sejumlah akun Twitter resmi pemerintah yang dilanda demam 'Dilan' sebagai berikut :
1. TNI Angkatan Udara
Akun Twitter milik TNI AU ini terkenal karena kelucuannya. Melalui akun @_TNIAU, admin yang kerap disapa airmin ini kerap membalas cuitan netizen dengan kalimat-kalimat yang kocak.
ADVERTISEMENT
Ketika netizen dilanda demam 'Dilan', airmin tak ketinggalan untuk membuat cuitan mengenai 'Dilan'.
"Bilang sama 'Dilan', yang berat itu niat. Larinya mudah/enteng tinggal langkahkan kaki kanan dan kiri," cuit akun @_TNIAU
2. Ditjen Pajak
Seperti Dilan, akun Twitter Ditjen Pajak juga mengungkapkan kalimat yang ditujukan kepada Milea. Bedanya, kali ini yang diperingatkan bukan soal rindu melainkan imbauan soal pembayaran SPT (surat pemberitahuan tahunan) pajak.
"Selamat Pagi Milea. STP itu berat, kamu takkan kuat, karenannya lapor SPT tahunan, jangan telat," cuit akun @DitjenPajakRI
3. Komnas HAM
Berbeda dengan akun Twitter Ditjen Pajak, akun Twitter Komnas Ham secara langsung mengimbau Dilan melalui pengarangnya, yakni Pidi Baiq. Komnas Ham memperingatkan bahwa yang berat bukan hanya rindu tetapi juga pelanggaran HAM yang sistematis.
ADVERTISEMENT
"Dear @pidibaiq, sampaikan pada Dilan, yang berat itu pelanggaran HAM yang meluas dan sistematis. Itu namanya pelanggaran HAM yang berat. Bukan hanya rindu saja yang berat ;)," cuit akun @komnasham.
4. BMKG
Bersamaan dengan 'demam' Dilan, Indonesia juga diramaikan dengan fenomena super blue blood moon atau gerhana bulan total yang terjadi pada Rabu (31/1) malam. Oleh karena itu, BMKG mengajak masyarakat menyaksikan fenomena langka tersebut dengan kalimat ala Dilan.
"Mengamati super-blue-blood-moon saat awan menggantung itu memang berat. Kamu tidak akan kuat. Aku saja yang mengamat di 24 titik di Indonesia. Kamu tinggal akses media.bmkg.go.id/gbt," cuit akun @infoBMKG.
5. BPKP
Cara Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) mensosialisasikan aplikasi sistem tata kelola keuangan desa (Siskeudes) terbilang kreatif.
ADVERTISEMENT
Melalui kalimat ala Dilan, BPKP mengajak masyarakat untuk beralih dari pembuatan laporan keuangan desa secara manual ke penggunaan Siskeudes.
Tidak ketinggalan, BPKP juga disertai potret pegawai perempuan yang sedang tertidur.
"Milea, sekarang kamu tidur. Jangan buat laporan keuangan desa pakai manual. Berat. Kau tidak akan kuat. Biar aku saja yang buat pakai Siskeude.- Dilan," cuit akun @BPKPgoid.
6. Kemendikbud
Melalui akun Twitternya @kemdikbud_RI, Kemendikbud memohon maaf bila ada pertanyaan-pertanyaan di Twitter yang tidak sempat dijawab. Namun, cara yang digunakan adalah menggunakan parodi kalimat ala Dilan.
Disertai gambar animasi, akun Twitter Kemendikbud mengimbau bahwa menjadi admin media sosial kemendikbud adalah pekerjaan yang berat.
"Jangan jadi admin medsos Kemdikbud. Berat. Kamu tidak akan kuat. Biar aku saja," tulis akun @kemdikbud.
ADVERTISEMENT