Yang Bisa Orang Tua Lakukan Agar Balita Mau Mendengarkan

12 Maret 2019 16:02 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi anak balita Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi anak balita Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Anak-anak di bawah usia 5 tahun atau balita biasanya belum mahir mendengarkan pertanyaan atau instruksi. Komentar Anda sepertinya hanya terlewat begitu saja. Anda mengerti bahwa pemahamannya cukup baik. Namun, ia tidak menanggapi ketika Anda menanyakan sesuatu padanya atau memintanya melakukan sesuatu.
ADVERTISEMENT
Jangan langsung kesal ya, Moms. Anda perlu lebih bersabar lagi untuk menghadapi balita dalam tahap ini. Selain itu, coba lakukan 5 hal ini agar si kecil mau mendengarkan ucapan Anda.
Ucapkan Namanya di Awal Kalimat
Ilustrasi Ibu dan Anak Usia Prasekolah Foto: Shutterstock
Sebutkan namanya di awal kalimat, berhenti sejenak, baru kemudian katakan apa yang ingin Anda sampaikan. Ini akan menarik perhatiannya dan mempersiapkannya untuk mendengarkan apa yang ingin Anda sampaikan, Moms.
Kontak Mata
Ilustrasi ibu dan anak berpelukan. Foto: Shutterstock
Setelah berhasil mendapatkan perhatiannya, minta ia memandangi Anda ketika sedang berbicara. Kemampuan mendengar si balita akan membaik saat perhatiannya tidak terganggu oleh hal-hal lain. Kontak mata akan memuat komunikasi lebih lancar.
Mintalah Anak Mengulangi Apa yang Anda Katakan
Dengan nada yang halus dan tidak mengancam, cobalah meminta si kecil mengulangi secara tepat hal-hal yang Anda katakan. Strategi ini akan membuatnya lebih memperhatikan perkataan Anda. Namun, hati-hati, jangan sampai Anda terkesan terlalu memaksanya, Moms.
ADVERTISEMENT
Carilah Waktu yang Tepat Sebelum Berbicara
Ilustrasi ibu mengajari anak menulis Foto: Shutterstock
Tidak ada gunanya bila Anda tiba-tiba berbicara ketika si kecil sedang asik menonton acara televisi, misalnya. Cobalah untuk mengalihkan perhatiannya dulu atau menunggu hingga ada kesempatan yang tepat.
Duduklah Berdekatannya Saat Anda Berbicara
Balita tidak akan mendengar Anda jika Anda berteriak padanya dari ujung ruangan yang ramai. Semakin dekat dengannya saat berbicara, semakin besar kemungkinan si kecil mendengarkan perkataan secara tepat.