Tips Hemat Anggaran untuk Belanja Popok Bayi

20 Mei 2022 15:05 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
8
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi popok bayi. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi popok bayi. Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Ada banyak keperluan bayi yang perlu dipenuhi orang tua. Mulai dari pakaian, perlengkapan mandi, hingga popok bayi yang perlu dibeli secara berkala.
ADVERTISEMENT
Ya Moms, bila Anda pengguna popok sekali pakai, maka harus ada anggaran yang disiapkan untuk membeli popok setiap bulan. Oleh karena itu, ibu perlu cermat untuk mengatur anggaran rumah tangga.
Ilustrasi menggantikan popok bayi baru lahir. Foto: Shutter Stock
Namun, tak perlu khawatir, Moms, mengutip What to Expect, ada beberapa cara yang bisa diakukan untuk menghemat anggaran belanja popok bayi.

Hitung harga per popok bayi

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk menghemat anggaran popok bayi adalah menghitung harga satuan. Cara melakukannya pun sederhana, buka aplikasi kalkulator di ponsel, kemudian bagi harga satu pak popok dengan jumlah popok di dalamnya.
Misalnya, satu pak popok berjumlah 24 buah dengan harga Rp 55 ribu. Berarti, harga satuan popok sekitar Rp 2.200. Namun, bila Anda memilih kemasan dengan isi yang lebih banyak, misalnya 48 buah, harganya menjadi Rp1500 ribu per buah.
ADVERTISEMENT
Ya, memang bila membeli dalam jumlah banyak biasanya harga yang ditawarkan sedikit lebih murah dan tak ada salahnya untuk membeli lebih banyak. Selain menghemat anggaran, juga dapat menghemat waktu.
Popok bayi sekali pakai. Foto: Shutterstock

Coba berbagai merek popok bayi

Masing-masing ibu biasanya memiliki merek popok favorit untuk si kecil. Umumnya ibu akan mencari yang paling nyaman digunakan atau mudah menyerap air.
Namun, bila orang tua memiliki anggaran terbatas, atau ingin menghemat anggaran, tidak ada salahnya mencoba merek popok lain dengan harga lebih murah. Sebab, saat ini banyak berbagai merek popok yang nyaman digunakan si kecil dan harga yang ditawarkan masih terjangkau.
Namun, perlu diingat, Moms, tidak semua merek popok cocok untuk bayi. Popok yang mudah bocor bisa membuat si kecil tidak nyaman dan menyebabkan ruam pada kulit. Oleh sebab itu, berhati-hatilah saat beralih dari satu merek ke merek lainnya. Meski harganya lebih murah, kesehatan dan kenyaman bayi tetap menjadi prioritas utama.
Ilustrasi berbagai jenis popok bayi. Foto: Shutter Stock

Menggunakan aplikasi online

Salah satu cara mudah untuk mengetahui penawaran harga termurah adalah melalui aplikasi online. Selain itu, aplikasi online juga dapat memberikan kupon potongan harga sehingga menjadi lebih murah.
ADVERTISEMENT
*******
Saksikan keseruan program kumparanMOM Mom’s Meet Up dengan topik Uang Istri vs Uang Suami di LINK INI.