Tanya Jawab Lengkap Seputar Perawatan Kulit Ibu Hamil

9 Juli 2019 12:36 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi ibu hamil makeup, kosmetik ibu hamil. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi ibu hamil makeup, kosmetik ibu hamil. Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Ada beberapa perubahan fisik yang umum terjadi pada ibu hamil. Mulai dari membengkaknya beberapa bagian tubuh, seperti payudara dan kaki, hingga kondisi kulit yang bisa jadi lebih mudah berjerawat ataupun lebih kering. Masalah kulit seperti itu sebenarnya umum terjadi akibat perubahan hormon saat kehamilan.
ADVERTISEMENT
Anda mungkin berniat menggunakan produk perawatan kulit untuk mengobati masalah kulit tersebut. Namun, Anda harus hati-hati, karena saat hamil, Anda tidak boleh menggunakan produk perawatan kulit sembarangan, Moms.
Lalu, bagaimana sebenarnya aturan pemakaian produk perawatan kulit dan kosmetik pada ibu hamil? Apakah memang mesti benar-benar dihindari?
Berikut jawaban dr. Refla Syarif SpKK, dokter spesialis kulit dan kelamin yang praktik di Rumah Sakit Sari Asih, Karawaci, seputar perawatan kulit yang aman untuk ibu hamil.
Perawatan kulit ibu hamil. Foto: Shutterstock
Kenapa produk yang digunakan ibu hamil bisa berpengaruh pada kandungan?
Obat topikal atau oles bisa diserap oleh kulit, dan dapat beredar ke seluruh tubuh termasuk ke janin melalui pembuluh darah bawah kulit. Biasanya kandungan yang dilarang dapat memiliki efek buruk ke janin dan dapat menyebabkan kecacatan pada bayi, terutama pada trimester pertama di masa pembentukan organ tubuh.
ADVERTISEMENT
Apa saja kandungan produk perawatan kulit dan makeup yang dilarang untuk ibu hamil?
BHA (salicylic acid), benzoil peroksida, hydroquinone, paraben, atau vitamin A topikal. Sunblock yang mengandung oxybenzone dan avobenzone juga sebaiknya dihindari. Jadi kandungan apa yang bisa digunakan untuk perempuan hamil?
Perempuan hamil masih boleh menggunakan produk skin care yang mengandung AHA seperti glycolic acid dan vitamin C dan E yang masih dikategorikan relatif aman.
Bagaimana dengan makeup? Apakah ibu hamil boleh menggunakan makeup?
Boleh, asalkan makeup-nya tidak mengandung bahan pemutih, BHA (salicylic acid) atau vitamin A topikal.
Ibu hamil biasanya mengalami masalah kulit seperti kering, gatal, atau strechmark. Kalau sudah begitu, apa yang sebaiknya dilakukan?
ADVERTISEMENT
Masalah kulit pada perempuan hamil biasanya karena pengaruh hormonal. Gunakan skin care sesuai dengan keluhan dan mengikuti petunjuk dokter. Selain itu, banyak minum air putih. Jangan lupa mengkonsumsi buah dan sayur secara teratur untuk membantu menyehatkan kulit dari dalam.
Ya Moms, ibu hamil tetap boleh kok menggunakan produk perawatan kulit ataupun makeup. Hanya saja, Anda perlu lebih teliti memperhatikan kandungan yang ada di dalam produk tersebut agar tidak membahayakan janin.