Nama Bayi Perempuan yang Paling Disukai Orang Tua di 20 Negara

6 Februari 2018 13:51 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Bayi berbagai ras. (Foto: Comstock/Thinkstock)
zoom-in-whitePerbesar
Bayi berbagai ras. (Foto: Comstock/Thinkstock)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Kebutuhan masa depan berbeda dengan kebutuhan hari ini. Apa yang akan dihadapi oleh anak kita di masa depan, tentu sangat berbeda dengan apa yang kita hadapi saat ini.
ADVERTISEMENT
Si kecil yang saat ini masih dalam kandungan misalnya, kelak akan hidup dalam dunia baru yang tidak pernah kita bayangkan sebelumnya. Bisa jadi, ia juga akan mengerjakan sesuatu yang tidak pernah kita mimpikan, dengan alat-alat yang belum mampu kita bayangkan, di kota atau negara yang belum tentu pernah kita datangi.
Anak-anak kita, akan jadi warga dunia, Moms! Dan kitalah yang harus membantu mereka mempersiapkan diri.
Bayi besar (ilustrasi). (Foto: Thinkstock/zoonar)
zoom-in-whitePerbesar
Bayi besar (ilustrasi). (Foto: Thinkstock/zoonar)
Lalu apa yang bisa membuat seseorang siap menjadi warga dunia? Jawabannya mudah: kompetensi yang ia miliki, yang membedakannya dari orang lain, yang membuatnya lebih dari sesama rekan kuliahnya, bahkan anggota keluarganya yang lain.
Itu sebabnya penting sekali untuk mengajarkan anak mandiri, selalu suka belajar, berpikir kritis, pandai beradaptasi, mudah berteman, mampu berpikir terbuka sekaligus strategis, cerdas literasi hingga menguasai teknologi. Banyak, ya!
ADVERTISEMENT
Tapi sebelum membuat berbagai rencana pengasuhan atau membuka tabungan pendidikan, bagaimana kalau Anda mulai dengan memberi anak nama yang mudah diterima berbagai suku bangsa dan disukai di banyak negara? Sofia!
Sebuah analisis baru mengenai statistik nama bayi dari ahli penamaan -Laura Wattenberg- menemukan bahwa Sofia (bersama dengan variannya) adalah nama bayi teratas di delapan negara yaitu Meksiko, Rusia, Argentina, Italia, Swiss, Estonia, Cile dan Slovakia.
Kaki bayi (Foto: Pixabay)
zoom-in-whitePerbesar
Kaki bayi (Foto: Pixabay)
Dikutip kumparanMom (kumparan.com) dari Baby Name Wizard, nama Sofia juga keluar pada urutan dua atau tiga pilihan orang tua di 20 negara yang kekalahan, termasuk Amerika Serikat.
Memang, di negara-negara itu nama ini ditemukan dalam berbagai varian ejaan atau turunannya. Misalnya Sophia atau Shafiyah, dan beberapa ejaan lokal lain. Namun tetap saja, saat diucapkan, jarang ditemukan masalah berarti dan tetap terdengar sebagai Sofia. Ajaib ya, seolah nama ini mampu melampaui perbedaan bahasa, budaya dan batas-batas lainnya.
ADVERTISEMENT
Sofia sendiri dalam bahasa Yunani berarti kebijaksanaan. Di negara-negara Eropa, Sofia juga dikenal sebagai nama-nama yang biasa dipakai di lingkungan kerajaan maupun gereja selama abad pertengahan.
Ketenaran nama Sofia atau Sophia juga ditambah dengan meroketnya nama karakter dalam dua novel klasik terkenal 'Tom Jones' dan 'The Vicar of Wakefield' di tahun 1700-an, aktris Italia Sophia Loren, hingga dikaitkan dengan Hagia Sophia, basilika besar di Istanbul yang dulu dikenal sebagai Konstantinopel. Belum lagi ditambah ketenaran sutradara Sofia Coppola, model Sofia Ritchie dan Putri Sofia dari Swedia.
Sementara di lingkungan budaya Islam, ada Shafiyah binti Huyay putri keluarga Yahudi yang terkenal dengan kebijaksanaan dan kecerdasannya. Shafiyah adalah salah satu istri Rasulullah SAW yang mendapat gelar Ummul mukminin atau ibu dari orang-orang mukmin.
ADVERTISEMENT
Artinya, tidak hanya melampaui bahasa dan budaya, nama ini terbukti diterima pula di berbagai agama dan tetap disukai selama ratusan tahun oleh penduduk dunia.
Bayi laki-laki  (Foto: Thinkstock)
zoom-in-whitePerbesar
Bayi laki-laki (Foto: Thinkstock)
Pilihan lainnya? Ada nama Olivia dan Maria bersama dengan varian ejaannya.
Sementara untuk anak laki-laki, nama yang mudah diucapkan dalam berbagai bahasa, dikenal luas dan menduduki peringkat tertinggi adalah: Muhammad.