Sisi Positif Bila Anda Baru Bisa Hamil di Atas Usia 35 Tahun

17 Juli 2019 13:53 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ibu hamil pada usia di atas 35 tahun. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ibu hamil pada usia di atas 35 tahun. Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Ibu yang hamil di atas usia 35 tahun memang lebih berisiko mengalami komplikasi, seperti hipertensi, diabetes, hingga abnormalitas kromosom yang membuat bayi lahir dengan kelainan bawaan. Peluang untuk terjadinya pembuahan juga menurun begitu wanita memasuki usia 32 tahun, Moms.
ADVERTISEMENT
Namun, ada sebagian wanita yang baru bisa hamil di atas usia 35 tahun karena berbagai alasan. Bisa karena baru menemukan pasangan yang cocok atau kesulitan hamil secara alami. Alhasil mereka memilih mengambil risiko untuk mengandung pada usia tua.
Di antara risiko yang mungkin harus dihadapi, Anda harus tetap bersyukur karena diberi kepercayaan untuk bisa hamil dan menimang buah hati. Pastikan saja Anda rutin memeriksakan kondisi kandungan ke dokter, dan nikmati kehamilan dengan perasaan bahagia. Anda harus tahu juga bahwa ada beberapa sisi positif yang bisa didapat bila baru bisa hamil di atas usia 35 tahun. Berikut diantaranya:
1. Lebih Siap Secara Mental
ibu hamil siap mental. Foto: Shutterstock
Seiring bertambahnya usia, tentu mental Anda semakin matang. Bila selama usia 20-an Anda sering belanja impulsif atau susah mengontrol emosi, kini Anda lebih mampu mengendalikannya.
ADVERTISEMENT
Hal ini akan menguntungkan untuk Anda sebagai orang tua. Sebuah riset yang dipublikasi pada Maret 2017 di jurnal European Journal of Development mengungkapkan anak yang lahir dari ibu lebih tua dari 31 tahun akan lebih matang secara psikososial, emosional, dan berperilaku lebih baik.
2. Kondisi Finansial Lebih Stabil
Ilustrasi tabungan Foto: Shutterstock
Anda tentu paham masa kehamilan dan mengasuh anak butuh biaya yang tidak sedikit. Anda harus rutin periksa ke dokter kandungan, memperbarui isi lemari, dan menyiapkan kelahiran bayi.
Bila Anda hamil di usia 35 tahun ke atas, kemungkinan besar karir Anda dan pasangan sudah stabil, penghasilan sudah lebih besar, tabungan sudah siap, dan kondisi finansial sudah baik. Tentu ini sangat menguntungkan karena Anda bisa memfasilitasi pertumbuhan si kecil dengan baik.
ADVERTISEMENT
3. Lebih Hati-hati Menjaga Kehamilan dan Anak
Ibu hamil makan makanan bergizi seimbang Foto: Shutterstock
Setelah cukup lama menanti kehadiran buah hati, tentu Anda rela melakukan apa saja untuk menjaganya agar tetap sehat. Tak heran bila Anda sangat hati-hati menjaga kehamilan Anda. Mulai dari makan serba sehat, rutin periksa ke dokter, hingga membaca puluhan artikel tentang kehamilan.
Begitu pula saat anak sudah lahir, pasti Anda akan sangat memperhatikan tumbuh kembangnya. Berdasarkan riset yang dipublikasi di British Medical Journal pada 2012, risiko anak dari ibu berusia 20 tahun untuk mengalami cedera sekitar 36,6 persen. Sedangkan anak dari ibu berusia 40 tahun berisiko mengalami cedera hanya 28,6 persen.
4. Anak Anda Lebih Dekat dengan Teknologi
Penggunaan gadget pada anak. Foto: Shutterstock
Seiring perkembangan zaman, teknologi tentu semakin canggih. Pendidikan pun makin maju. Dengan begitu, anak Anda berpeluang mendapat pendidikan dan akses teknologi yang lebih baik daripada anak-anak dari teman-teman sebaya Anda yang lebih dulu melahirkan. Jadi hamil di atas usia 35 tahun sebenarnya tak terlalu buruk ya Moms!
ADVERTISEMENT