Perlukah Ibu Menyusui Mengkonsumsi ASI Booster?

6 Desember 2019 10:26 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi ibu menyusui minum ASI booster.
 Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi ibu menyusui minum ASI booster. Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Banyak cara yang bisa dilakukan ibu menyusui untuk meningkatkan produksi ASI. Salah satu yang mungkin Anda lakukan adalah dengan mengkonsumsi ASI booster.
ADVERTISEMENT
Ya Moms, saat ini memang banyak produk ASI booster yang dijual di pasaran. Kandungannya pun beragam, mulai dari sari daun katuk, susu almond ataupun fenugreek, yang dipercaya bisa melancarkan produksi ASI. Anda bisa mengkonsumsi ASI booster dalam berbagai bentuk, mulai dari suplemen, teh, susu, hingga kue kering.
Tapi, benarkah mengkonsumsi ASI booster bermanfaat bagi ibu menyusui?
Ilustrasi mengeluarkan ASI perah dengan pompa payudara Foto: Shutterstock
Dokter umum dan konselor laktasi, dr. Willey Eliot mengatakan bahwa ASI booster memiliki manfaat khususnya untuk membuat badan ibu menjadi fit, sehingga bisa memproduksi ASI dengan baik. Tapi, dokter yang juga praktik di RS Columbia Asia Medan, Sumatera Utara itu menyarankan agar ibu tetap harus sering menyusui si kecil agar ASI lancar.
"Tetap saja utamanya (payudara ibu) harus sering dihisap bayi agar produksi bisa meningkat," imbuh dr. Willey Eliot ketika dihubungi kumparanMOM belum lama ini.
ADVERTISEMENT
Senada dengan dr. Willey, konselor menyusui sekaligus founder Ayah ASI, Rahmat Hidayat, menjelaskan bahwa cara meningkatkan produksi ASI yang paling tepat adalah dengan ruting mengosongkan payudara.
"Ibu juga harus rajin mengosongkan payudara. Kalau sedang tidak bisa menyusui bayinya, ya di pompa ASI-nya. Semakin sering dikosongkan, maka produksi ASI akan semakin lancar, karena prinsipnya supply dan demand, semakin tinggi kebutuhan bayi, semakin banyak produksinya," jelas Rahmat kepada kumparanMOM beberapa waktu lalu.
Terkait ASI booster, Rahmat mengatakan, mungkin saja konsumsi ASI booster bisa membuat produksi ASI melimpah. Namun pada dasarnya, bukan karena jenis makanannya yang bisa membuat ASI banyak. Melainkan karena sugesti dan perasaan positif yang ditimbulkan setelah mengkonsumsi ASI booster, bisa membuat kuantitas ASI bertambah.
ADVERTISEMENT
"Mungkin saja, habis makan atau minum ASI booster, ASI-nya langsung banyak. Karena sekarang kan banyak ASI booster yang rasanya enak-enak. Nah karena rasanya enak, timbul rasa senang yang bisa bikin ASI banyak," katanya.
Daun katuk bisa membuat ASI perah Anda melimpah Foto: Shutterstock
"Loh terus, kalau kayak makan daun katuk gitu, kan rasanya gitu-gitu saja, belum lagi kalau harus makan setiap hari kan bosan. Tapi ada yang berhasil bikin ASI lancar pakai daun katuk, kok bisa? Bisa! Karena kita percaya diri. Percaya diri kalau setelah makan daun katuk, ASI-nya banyak," tambah Rahmat.
Jadi, agar produksi ASI melimpah, yang terpenting adalah sering mengosongkan payudara dan jauhi perasaan stres, Moms. Namun, jika beragam hal sudah Anda lakukan tapi tak juga bisa meningkatkan produksi ASI, sebaiknya Anda segera berkonsultasi ke dokter laktasi atau konselor laktasi. Bisa jadi hal itu dikarenakan karena posisi atau pelekatan menyusui yang salah, atau hal medis lainnya.
ADVERTISEMENT
"Harus dilihat dulu permasalahannya di mana. Ini sebaiknya berkonsultasi ke dokter laktasi terdekat," ucap dr. Willey.
Ilustrasi ASI. Foto: Shutter Stock