Perkembangan Janin di Trimester Kedua Kehamilan

27 Januari 2020 10:57 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi ibu hamil liburan ke pantai. Foto: Shutter Stock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi ibu hamil liburan ke pantai. Foto: Shutter Stock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Ketika kehamilan menginjak trimester kedua, Anda mungkin semakin penasaran dengan perkembangan janin. Apalagi, perut Anda kini semakin membesar, Moms.
ADVERTISEMENT
Di trimester kedua kehamilan, kondisi Anda juda sudah semakin stabil. Di masa ini, nafsu makan ibu biasanya sudah mulai membaik, emosi tak lagi bergejolak, dan morning sickness pun mulai hilang.
Lantas, seperti apa tumbuh kembang janin pada saat ini ya
Mengutip Family Doctor, saat trimester kedua dimulai, janin Anda memiliki panjang sekitar 3 inci atau 7,6 cm. Dokter Anda mungkin akan memberitahu perkembangannya dari atas kepala sampai kaki.
Pada awal trimester kedua, kepala janin adalah bagian terbesar dari tubuhnya. Selama beberapa minggu kedepan, tubuh bayi Anda akan menjadi lebih panjang untuk mengejar ketinggalan. Kemudian saat akhir masa trimester ini, bayi di dalam kandungan kemungkinan berukuran sekitar 9 inci atau 22,8 cm.
Ilustrasi janin usia 5 bulan. Panjangnya sekitar 25-30 cm atau sepanjang buah pisang. Foto: Shutterstock
Nah, berikut ini adalah perkembangan lain yang dialaminya, Moms.
ADVERTISEMENT
- Bayi Anda akan mulai mendengar suara-suara tertentu, seperti detak jantung Anda pada minggu ke-18 kehamilan. Pendengarannya akan terus membaik dan mereka akan bisa mendengar suara Anda.
- Mata bayi Anda bisa terbuka pada minggu ke-20. Namun, mata bayi Anda belum bisa melihat apapun sampai trimester ketiga.
- Bayi Anda akan memiliki sidik jari dan jejak kaki pada akhir trimester kedua.
- Rambut halus dan zat lilin putih menutupi dan melindungi kulit bayi Anda. Kulit janin berbentuk tipis, longgar, dan berkerut. Lalu pada trimester ketiga, beberapa lemak akan mulai mengisi bawah kulitnya, Moms.
Benarkah bayi di dalam kandungan bisa ikut merasa sedih? Foto: Pixabay
- Sistem pencernaan bayi akan mulai berfungsi. Bayi juga akan mulai memproduksi dan mengeluarkan urine.
ADVERTISEMENT
- Pada pertengahan trimester kedua, jenis kelamin bayi menjadi jelas. Jadi, jika Anda melakukan USG, Anda sudah bisa melihatnya jika mau. Perlu diingat bahwa janin harus berada dalam posisi yang ideal bagi dokter untuk melihat kelaminnya.
- Bayi di dalam kandungan Anda akan bergerak setelah melewati 20 minggu masa kehamilan. Pada awalnya, Anda mungkin hanya merasakannya sedikit, tapi lama kelamaan akan menjadi nyata dan Anda akan merasakan bayi Anda menendang.
Jadi, sudah terbayang kan seperti apa perkembangan janin Anda di trimester kedua kehamilan, Moms?