Ilustrasi makanan 4 sehat 5 sempurna.

Nutrisi yang Dibutuhkan Keluarga agar Sehat Selama Pandemi

22 Desember 2020 16:02 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi makanan 4 sehat 5 sempurna. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi makanan 4 sehat 5 sempurna. Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
Sebagai ibu, Anda pati sangat memerhatikan asupan nutrisi yang diberikan kepada keluarga. Ya Moms, apalagi di masa pandemi seperti sekarang, nutrisi yang baik sangat dibutuhkan agar keluarga tetap sehat.
ADVERTISEMENT
Menurut Ahli Gizi, Dr. Rita Ramayulis DCN, M.Kes, di acara ‘My Mom My Inspiration’ dengan tema ‘Ibu Juga Manusia: Pilih Sempurna atau Sehat Bahagia?' yang diselenggarakan oleh kumparan dan Indomilk, pada Selasa (22/12), anak butuh asupan nutrisi yang lengkap dan baik. Ya, biasakanlah anak untuk mengonsumsi makanan bergizi seimbang. Bila perlu, Anda bisa juga menambahkan susu di menu makanan keluarga.
Nah Moms, berikut adalah asupan nutrisi yang diperlukan keluarga setiap harinya.

Nutrisi yang Dibutuhkan Agar Tetap Sehat Selama Pandemi

Sumber karbohidrat. Foto: thinkstock
Karbohidrat menjadi salah satu asupan nutrisi yang sangat penting selama pandemi. Karbohidrat adalah makronutrien, artinya mereka adalah salah satu dari tiga cara utama tubuh memperoleh energi, atau kalori. Anda bisa memberikan beragam karbohidrat kepada keluarga seperti singkong, kentang, hingga kacang-kacangan.
ADVERTISEMENT
Ilustrasi berbagai macam sumber protein hewani. Foto: Shutterstock
Pilihlah protein hewani yang baik ya Moms, jangan yang mengandung lemak jenuh atau lemak berlebih. Menurut Dr. Rita, Anda bisa memberikan ayam tanpa kulit, ikan yang diolah secara tepat, dan juga telur. Konsumsi dalam jumlah yang tepat dan jangan berlebihan, agar mendapatkan kandungan baik seperti zinc yang dapat memelihara membran sel dalam kerja imunitas.
Ilustrasi tempe. Foto: Shutterstock
Protein nabati juga sangat penting dikonsumsi selama pandemi ini Moms. Biasanya dapat ditemukan dalam olahan kacang kedelai seperti tempe. Sama seperti protein hewani, perlu diingat bahwa protein ini tidak bekerja sendiri, namun dibantu oleh mikronutrien seperti zinc sehingga konsumsi dalam jumlah yang tepat,
Ilustrasi mencuci sayur di air mengalir. Foto: Shutter Stock
Sayur juga salah satu nutrisi yang harus dikonsumsi setiap hari selama masa pandemi. Anda bisa memilih sayur yang kaya dengan zat besi seperti bayam. Karena zat besi membuat aktivasi oksigen yang baik untuk tubuh.
ADVERTISEMENT
Buah-buahan sehat (ilustrasi). Foto: Pixabay/Couleur
Buah adalah sumber vitamin A dan vitamin C yang baik untuk tubuh. Vitamin A sangat dianjurkan oleh Dr. Rita untuk dikonsumsi selama pandemi, karena bekerja untuk sel-sel epitel yang menjaga imunitas. Kemudian, pilih juga buah yang mengandung Vitamin C untuk mencegah dari radikal bebas dan menguatkan kerja imun agar bisa melawan serangan-serangan mikroba patogen dan lain sebagainya.
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten