Nagita Slavina Melahirkan Anak Kedua dengan Metode Caesar Terbaru

26 November 2021 18:40 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Nagita Slavina melahirkan Foto: Instagram @raffinagita1717
zoom-in-whitePerbesar
Nagita Slavina melahirkan Foto: Instagram @raffinagita1717
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Kabar bahagia datang dari Raffi Ahmad. Istri tercintanya, Nagita Slavina, baru saja melahirkan anak kedua berjenis kelamin laki-laki pada Jumat (26/11), pukul 07.36 WIB di RSU Bunda, Jakarta.
ADVERTISEMENT
Hingga saat ini, belum diketahui siapa nama lengkap anak kedua Raffi Ahmad dan Nagita Slavina. Namun, bayi berjenis kelamin laki-laki itu juga memili nama depan R, seperti anak pertama mereka, yakni Rafathar Malik Ahmad.
Nagita Slavina melahirkan Foto: Instagram @raffinagita1717
Di kehamilan kedua ini, Nagita juga melahirkan anak keduanya dengan metode caesar. Tapi, kali ini ia menggunakan metode caesar terbaru yang disebut ERACS atau Enhanced Recovery After Cesarean Surgery.
Ya Moms, dalam unggahan di akun TikTok keduanya, diketahui Nagita melakukan persalinan menggunakan metode ERACS. Menurut dr. Puspa H. Widyowati, tim dokter dari RSU Bunda, metode ERACS ini membuat Nagita pulih lebih cepat.
"Karena kita tadi pakai ERACS ya, jadi pemulihannya cepat banget. Tadi jam 6 (pagi) turun dari ruangan, kemudian jam 7 (pagi) operasinya, jam 7.36 (pagi) bayinya lahir alhamdulillah dengan selamat," ungkap dr. Puspa dalam unggahan video di akun TikTok raffi_nagita.
ADVERTISEMENT

Kelebihan Metode Persalinan ERACS Seperti yang Dilakukan Nagita Slavina

Ilustrasi melahirkan dengan operasi caesar. Foto: Shutterstock
Selain Nagita Slavina, beberapa waktu belakangan, sejumlah selebriti tanah air juga diketahui menggunakan metode ERACS saat melahirkan. Sebut saja, Sheryl Juno dan Felicya Angelista.
Meski sudah mulai dilakukan di beberapa rumah sakit di Indonesia beberapa tahun terakhir ini, metode ERACS ini masih terbilang baru. Kelebihannya, ibu yang melahirkan dengan metode ERACS, diklaim dapat pulih lebih cepat dan bisa melakukan aktivitas normal dua jam setelah operasi. Hal itu bisa membuat ibu bisa menyusui sambil duduk dua jam setelah operasi.
Selain itu, Anda juga bisa makan dan minum seperti biasa, dan lama perawatan di rumah sakit tidak lebih dari 24 jam. Ya Moms, inti manfaat dari metode ERACS ini adalah untuk mempercepat perawatan dan juga mempercepat penyembuhan Anda setelah operasi caesar. Itu karena, sayatan dalam dalam teknik ERACS dilakukan menggunakan teknik khusus.
ADVERTISEMENT
"Teknik ERACS sayatan dilakukan dengan pisau dengan ketajaman khusus dan ukuran kecil, dan dengan sekali sayatan sampai di fascia, sehingga kerusakan jaringan bisa minimal," ujar dr. Kondang Usodo, Sp.OG, Spesialis Kebidanan dan Kandungan di Rumah Sakit EMC Tangerang, dalam laman resmi Rumah Sakit EMC.
Ilustrasi Operasi Caesar Foto: Pixabay
Sayatan dilakukan seminimal mungkin, pengambilan jaringan juga dilakukan tanpa merusak jaringan yang sehat. Lalu, sebisa mungkin menghindari memotong dan menjahit otot, dan ketika dokter operator menjahit fascia akan mengutamakan teknik jahitan satu-satu.
Pasien akan diberikan minuman manis 2 jam sebelum tindakan operasi agar dapat membantu mobilisasi setelah tindakan. Dokter juga akan membebaskan perlengketan antar jaringan sehingga pasien terhindar dari rasa nyeri pasca penyembuhan.
Setelah itu, dokter ajan mengembalikan posisi jaringan yang disayat secara end to end pada jaringan yang sama. Serta memilih benang dan teknik jahitan yang tidak mengganggu pergerakan usai operasi, Moms.
ADVERTISEMENT