Milestone Bayi 1 Bulan yang Normal

17 September 2021 9:05 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Milestone Bayi 1 Bulan yang Normal Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Milestone Bayi 1 Bulan yang Normal Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Milestone merupakan serangkaian tonggak atau tahapan tumbuh kembang yang sangat penting dilewati bayi. Dengan memahami milestone bayi, orang tua dapat memiliki referensi sudah sejauh mana pencapaian si kecil sesuai usianya.
ADVERTISEMENT
Perlu dipahami juga Moms, meski milestone tiap bayi tentunya berbeda-beda dan unik, para ahli telah membuat rentang batas normal dalam tahapan tumbuh kembang bayi untuk memudahkan kita mengamati kondisi si kecil.
Untuk bayi berusia 1 bulan, nah berikut adalah milestone yang perlu dipahami, Moms.

Milestone Bayi 1 Bulan yang Perlu Dipahami Orang Tua

Milestone Bayi 1 Bulan yang Perlu Dipahami Orang Tua Foto: Shutter Stock
Pada bulan pertama kehidupannya, bayi menghabiskan banyak waktu untuk tidur. Meski begitu, pada usia 1 bulan, otak bayi mulai berkembang pesat. Tak hanya itu, ada beberapa tonggak perkembangan atau milestone bayi usia 1 bulan yang perlu dipahami orang tua seperti berikut ini:
1. Gerakan
Healthy Children melansir, bayi 1 bulan biasanya sudah bisa mengepalkan tangan/sudah bisa menggenggam jari orang tua atau pengasuhnya dengan erat. Selain itu, si kecil juga sudah bisa menggerakkan kepala dari sisi kanan ke kiri/menggelengkan kepalanya sambil berbaring tengkurap.
ADVERTISEMENT
Di usia 1 bulan, bayi umumnya juga sudah bisa mengangkat tangan dan menggerakkannya ke ara wajah dan mulut. Dan yang paling penting di usia ini adalah, bayi umumnya memiliki gerakan refleks yang kuat. Yaitu refleks mengisap, menggenggam, refleks moro, babinski, stepping, hingga refleks leher asimetrik tonik). dan sebagainya.
2. Pencapaian Visual dan Pendengaran
Milestone Bayi 1 Bulan, Salah Satunya Bisa Mengenal Suara Orang Tua Foto: Shutter Stock
Di usia 1 bulan, fungsi penglihatan bayi masih tampak samar. Namun seiring bertambahnya usia, penglihatan si kecil semakin baik. Untuk bayi usia 1 bulan, baru bisa melihat wajah orang di dekatnya dengan jarak 8-12 inchi atau sekitar 20,3-30,4 cm dari matanya.
Selain itu, bayi 1 bulan juga belum mampu memusatkan penglihatan terhadap sebuah objek tertentu. Di usia ini, bayi juga lebih senang melihat pola warna hitam-putih atau kontras.
ADVERTISEMENT
Bicara soal pendengaran, umumnya pendengaran bayi belum sepenuhnya matang. Ia hanya mengenali beberapa suara yang familiar didengarnya setiap hari, seperti suara orang tuanya. Untuk itu, seringlah ajak bayi berinteraksi meski ia belum bisa meresponsnya dengan kata-kata.
3. Penciuman
Milestone Bayi 1 Bulan, Salah Satunya Bisa Mengenal Suara Orang Tua Foto: Shutterstock
Web MD melansir, bayi usia 1 bulan biasanya sudah mengenali aroma ASI Anda. Ya Moms, hal ini membantu si kecil menemukan puting ketika ingin menyusu. Itu lah kenapa, banyak bayi di usia ini yang tidak mau minum ASI dari media lain, jika ia mencium bau ASI Anda di dekatnya.

Hal Lain yang Perlu Diperhatikan Orang Tua tentang Bayi 1 Bulan

Ilustrasi dokter Foto: Pixabay
Selain milestone yang sudah dijelaskan di atas, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pada bayi usia 1 bulan:
ADVERTISEMENT
- Bayi mengisap dengan buruk atau menyusu dengan lambat.
- Tidak berkedip saat berada di tempat atau cahaya yang terang.
- Tidak fokus dan tidak mengikuti objek terdekat yang bergerak dari sisi kanan ke kiri maupun sebaliknya.
- Jarang menggerakkan lengan dan kaki atau tampak kaku.
- Rahang bawah bergetar terus-menerus, bahkan saat tidak menangis.
- Tidak merespons suara keras.
Bila menemui salah satu atau beberapa hal di atas pada bayi usia 1 bulan, segera bawa si kecil ke dokter agar dapat diperiksa dengan saksama.