Manfaat Nanas untuk Ibu Menyusui

22 Oktober 2021 16:57 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Manfaat Nanas untuk Ibu Menyusui Foto: Freepik
zoom-in-whitePerbesar
Manfaat Nanas untuk Ibu Menyusui Foto: Freepik
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Nanas termasuk buah yang aman dikonsumsi ibu menyusui. Ya Moms, meski termasuk buah dengan rasa asam, nanas aman jika dikonsumsi bayi lewat ASI. Ya, mengonsumsi nanas tidak akan menyebabkan bayi ruam popok.
ADVERTISEMENT
Namun, ibu menyusui tetap harus memantau apakah nanas memengaruhi si kecil atau tidak. Jika bayi terlihat lebih rewel setelah Anda makan nanas, maka hentikan konsumsinya, karena masih ada kemungkinan buah ini memengaruhi bayi melalui ASI.
Meski demikian, nanas punya banyak sekali manfaat untuk ibu menyusui. Apa saja? Cek di sini, Moms.

5 Manfaat Nanas untuk Ibu Menyusui

Manfaat Nanas untuk Ibu Menyusui Foto: Freepik
1. Memberikan hidrasi
Dalam 165 gram nanas, sekitar 142 gram-nya merupakan kandungan air. Sehingga, nanas merupakan buah yang dapat menghidrasi tubuh Anda, Moms. Apalagi ibu menyusui membutuhkan banyak air untuk menjaga produksi ASI.
Kemudian selain air, nanas juga menyediakan beberapa mikronutrien yang dapat membantu pemulihan pascapersalinan dan bermanfaat bagi kesehatan jangka panjang.
2. Mengandung beberapa nutrisi
ADVERTISEMENT
Nanas mengandung sejumlah besar vitamin C dan nutrisi penting, seperti kalium dan folat, yang dapat berkontribusi pada kebutuhan nutrisi ibu menyusui. Mengutip IABLE, nutrisi dan vitamin penting dalam nanas ini dapat diteruskan ke bayi lewat ASI dalam jumlah sedikit.
Manfaat Nanas untuk Ibu Menyusui Foto: Freepik
3. Mengandung serat
Ibu menyusui membutuhkan sekitar 34 gram serat setiap hari. Sementara nanas merupakan makanan kaya serat, yang dapat membantu memenuhi kebutuhan tersebut.
Serat makanan ini sangat penting untuk menambah jumlah makanan dan menjaga kelancaran buang air besar. Apalagi beberapa ibu bisa saja mengalami sembelit setelah melahirkan, sehingga nanas bisa jadi makanan yang baik untuk dikonsumsi.
4. Mengandung antioksidan
Mom Junction melansir, nanas kaya akan vitamin C, Moms. Ya, vitamin itu penting sebagai antioksidan dan melawan kerusakan akibat radikal bebas untuk meningkatkan kesehatan jangka panjang.
ADVERTISEMENT
Selain itu, nanas juga memiliki senyawa bromelain, flavonoid, dan fenolik, seperti asam coumaric, asam ferulic, asam klorogenat, dan asam ellagic, yang juga memberikan efek antioksidan yang penting untuk fungsi sistem kekebalan yang kuat.
Manfaat Nanas untuk Ibu Menyusui Foto: Freepik
5. Mengendalikan Hipertensi
Mengonsumsi nanas membantu mengendalikan hipertensi dengan mengencerkan volume darah serta menghilangkan pembekuan darah. Sehingga, kesehatan sistem kardiologi meningkat dan jantung tetap bisa bekerja dengan optimal.