Manfaat Ajak Anak Bersepeda Seperti yang Dilakukan Sharena Delon

27 Februari 2021 14:26 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Sharena dan anaknya, Sea Foto: Instagram @mrssharena
zoom-in-whitePerbesar
Sharena dan anaknya, Sea Foto: Instagram @mrssharena
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Ada berbagai kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan orang tua bersama anak. Apalagi jika aktivitas itu bisa membuat anak aktif dan bermanfaat untuk anak. Misalnya saja, dengan mengajak si kecil bersepeda.
ADVERTISEMENT
Nah Moms, rupanya hal itu juga yang baru-baru ini dilakukan oleh ibu dua anak, Sharena Delon. Ya Moms, istri dari Ryan Delon ini membagikan momen saat ia mengajak suaminya dan kedua anaknya, Ryshaka dan Sea untuk bersepeda keliling perumahannya.
“Aku bukan anak gowes, tapi sore kemaren aku bahagia sepedahan full team ber-4,” tulis Sharena dalam keterangannya.
Menurut Sharena, awalnya mereka akan bersepeda hingga keluar perumahan, namun hal itu urun dilakukan karena rasa khawatirnya terhadap putra sulungnya, Ryshaka yang masih berusia 7 tahun. Ibu dua anak itu mengaku takut jika Ry tidak akan bisa memperhatikan keadaan jalanan dengan baik. Akhirnya, keluarga ini pun memutuskan untuk hanya bersepeda di sekitar perumahan.
ADVERTISEMENT
Bersepeda menjadi salah satu cara Sharena dan Ryan Delon untuk menghabiskan waktu bersama anak-anaknya. Sebab, Sharena mengaku belakangan ini ia sangat sibuk dengan berbagai pekerjaan sehingga sulit untuk menemani anak-anaknya bermain. Oleh karena itu, Sharena berencana memasukkan aktivitas bersepedanya menjadi rutinitas untuk anak-anaknya kedepannnya.
Potret keluarga Ryan Delon dan Sharena. Foto: Instagram/@mrssharena
Bersepeda memang menjadi salah satu kegiatan di luar rumah yang disenangi anak-anak. Selain membuat mereka lebih bahagia, rupanya bersepeda juga mempunyai berbagai manfaat untuk kesehatan si kecil, Moms. Tapi, di masa pandemi ini, pastikan Anda mengajak anak bersepeda dengan aman. Misalnya dengan memastikan tempat bersepeda sepi dan tidak penuh kerumunan, serta pastikan anak menggunakan masker.
Menurut Parenting First Cry, berikut beberapa manfaat bersepeda untuk anak.
ADVERTISEMENT

Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan Anak

1. Menyehatkan jantung
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa salah satu manfaat aktivitas bersepeda adalah menormalkan fungsi jantung. Sebab, saat kita bersepeda seluruh anggota tubuh ikut bergerak dan membuat daya pacu jantung menjadi lebih cepat. Hal ini akan membuat jantung si kecil lebih terlatih dan prima, sehingga menurunkan risiko penyakit jantung koroner.
Ilustrasi sepeda anak. Foto: Thinkstock
2. Memperkuat tulang
Kondisi tulang dan otot yang baik memengaruhi tingkat kesehatan anak-anak. Saat si kecil mengayuh sepedanya, secara otomatis bagian bawah tubuhnya seperti kaki dan perut akan bergerak dengan lebih cepat. Dengan begitu, kekuatan otot kaki dan sendi-sendinya pun akan terlatih dengan baik dan menjadi lebih kuat.
3. Memperkuat sistem imun
Selain mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang, Anda juga bisa membantu si kecil untuk meningkatkan imunitas tubuhnya dengan berolahraga. Bersepeda bisa menjadi pilihan yang tepat karena dapat membuat tubuh menjadi lebih terlihat bugar dan tidak lemas. Selain itu, si kecil juga akan mendapatkan asupan vitamin D alami dari sinar matahari yang sehat.
ADVERTISEMENT
4. Menyehatkan mental anak
Mengendarai sepeda sambil bernyanyi, serta menikmati suasana lingkungan rumah akan membantu anak untuk melepaskan stres dari rutinitas belajarnya di dalam ruangan. Saat anak merasa bahagia maka kondisi kesehatan mentalnya pun akan jauh lebih baik. Selain itu, anak juga akan merasa lebih fokus terhadap pelajaran setelah berhasil melepaskan penatnya.
Penulis: Hutri Dirga Harmonis