Makanan untuk Ibu Hamil Agar Bayi di Dalam Kandungan Sehat

9 Februari 2021 10:02 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ibu hamil perlu makan makanan bergizi seimbang Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ibu hamil perlu makan makanan bergizi seimbang Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Agar bayi di dalam kandungan tumbuh sehat, makanan untuk ibu hamil perlu diperhatikan. Ya Moms, sejak trimester pertama hingga waktunya melahirkan, ibu hamil perlu mendapatkan makanan bergizi tinggi.
ADVERTISEMENT
Ibu hamil juga tidak boleh makan sembarangan dan perlu memilih makanan apa saja yang harus dikonsumsi. Nah Moms, agar tak salah pilih makanan, berikut adalah tips memilih makanan sehat untuk ibu hamil, seperti dikutip dari National Health Service (NHS).

Makanan untuk Ibu Hamil agar Bayi di Dalam Kandungan Sehat

1. Konsumsi buah dan sayuran hijau

Ilustrasi pola makan sehat untuk ibu hamil Foto: Shutterstock
Selama hamil, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi banyak buah-buahan dan sayuran hijau karena mengandung vitamin, mineral, dan serat yang dapat melancarkan pencernaan dan dapat membantu mencegah konstipasi atau sembelit.
Ibu hamil pun disarankan untuk makan buah dan sayur rutin setiap hari. Namun, sebelum dikonsumsi pastikan Anda telah mencuci bersih buah dan sayur agar tidak terkontaminasi toksoplasma yang bisa membahayakan janin.
ADVERTISEMENT

2. Makanan yang mengandung karbohidrat

Nafsu makan meningkat termasuk tanda hamil Foto: Pixabay
Moms, saat hamil Anda memerlukan persediaan energi yang cukup, begitu pula bayi di dalam kandungan. Karbohidrat menjadi sumber energi yang penting Anda konsumsi. Tak hanya nasi, pasta, mie jagung, roti, dan kentang juga merupakan beberapa jenis makanan yang mengandung karbohidrat. Namun tetap pastikan, Anda makan dengan porsi cukup dan tidak berlebihan.

3. Makanan kaya protein

Ilustrasi ibu hamil makan ikan Foto: Shutter Stock
Ibu hamil disarankan untuk memilih makanan yang kaya protein seperti berbagai jenis kacang-kacangan, ikan, telur, daging merah, ayam, dan susu. Protein sendiri memiliki peran penting dalam membangun sel sehingga bagus untuk tumbung kembang janin.
Namun, pastikan olahan daging atau makanan jenis apa pun yang mengandung protein dimasak secara matang dan tidak mengandung lemak tinggi. Anda harus menghindari makanan mentah dan makanan yang dimasak setengah matang karena berbahaya bagi ibu dan janin. Ibu hamil juga disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung protein setidaknya dua kali dalam seminggu.
ADVERTISEMENT

4. Produk Susu

Ilustrasi susu ibu hamil Foto: Shutterstock
Susu mengandung kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang bayi di dalam kandungan. Selain untuk tulang, kalsium juga berperan penting dalam pertumbuhan gigi janin yang lebih kuat dan sehat.
Berbagai produk olahan susu pun dapat Anda konsumsi, mulai dari susu, keju, hingga yoghurt. Tetap pastikan ya, Moms, produk susu yang Anda konsumsi telah dipasteurisasi dan keju juga tidak berjamur agar aman untuk bayi di dalam kandungan.

5. Batasi konsumsi gula, garam, dan lemak

Ilustrasi Ibu Hamil Memakan Cokelat Foto: Shutterstock
Sah-sah saja Anda mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula, garam, dan lemak, tapi tetap dibatasi jumlahnya ya, Moms. Makanan manis sendiri mengandung kalori tinggi yang dapat menambah berat badan dan merusak gigi.
Banyak mengkonsumsi gula dan lemak pun dapat memicu diabetes gestasional saat hamil. Konsumsi garam berlebih juga dapat memperberat kerja ginjal. Anda sebaiknya mengurangi makan makanan seperti es krim, kue, minuman bersoda, cokelat, hingga selai kacang.
ADVERTISEMENT