Lezatnya Bobotie, Hidangan Afrika Selatan yang Cocok Jadi Menu Buka Puasa

15 April 2021 17:00 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Lezatnya Bobotie, Menu Buka Puasa Unik dari Afrika Selatan Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Lezatnya Bobotie, Menu Buka Puasa Unik dari Afrika Selatan Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Ada begitu banyak hidangan khas Ramadhan dari penjuru dunia. Ya Moms, negara-negara berpenduduk muslim di berbagai benua punya beragam makanan khas untuk menu buka puasa maupun sahur.
ADVERTISEMENT
Salah satunya adalah bobotie (dibaca ba-boor-tea). Makanan yang terbuat dari bahan daging, telur dengan cita rasa kari dan daun salam yang kuat.
Rasanya enak, penampilannya cantik. Sekilas, mirip spaghetti brulee! Yuk, kenali hidangan yang satu ini lebih jauh lagi.

Bobotie, Menu Buka Puasa Unik dari Afrika Selatan

Bobotie dinikmati bersama nasi, sayuran dan sambal. Bisa jadi menu buka puasa! Foto: Shutterstock
Bobotie adalah makanan yang paling terkenal dari Afrika Selatan. Begitu terkenalnya, bobotie bahkan jadi hidangan nasional. Selain itu, bobotie juga menjadi makanan unggulan dari Afrika Selatan dalam acara budaya ‘2008 Augusta National Champions Dinner’ dan ‘2014 Epcot International Food and Wine Festival’.
Kelezatan bobotie datang dari rasa daging cincang, susu, telur dan bumbu kari, dan banyak rempah yang bercampur dan dipanggang sempurna. Tak heran kalau bobotie cocok dihidangkan di berbagai kesempatan, termasuk jadi menu buka puasa.
ADVERTISEMENT
Mengutip African Bites orang Afrika Selatan, kerap menikmati bobotie dengan nasi, sayuran (biasanya irisan wortel) dan sambal. Namun ada pula yang memakan bobotie dengan irisan pisang atau acar. Sebagian lain juga memakannya menggunakan kelapa panggang dan kacang polong.

Bobotie Dipercaya Berasal dari Indonesia

Menu buka puasa unik dari Afrika Selatan: Bobotie Foto: Shutterstock
Ada satu cerita menarik di balik hidangan bobotie ini. Diceritakan oleh Julie Cockburn penulis buku resep Taste of the Place dalam laman website pribadinya, bobotie dibawa oleh pedagang Belanda yang berkemah di daerah yang sekarang menjadi Cape Town, Afrika Selatan.
Pedagang Belanda pada abad ke-17 ini datang ke Afrika Selatan untuk transit dalam perjalanan pulang pergi ke Indonesia. Para pedagang ini membawa rempah-rempah, teknik memasak, dan juga berbagai resep makanan dari Indonesia!
ADVERTISEMENT
Walaupun masih belum dipastikan kebenarannya, namun beberapa orang berpendapat dan percaya bahwa resep bobotie asli berasal dari Indonesia dan telah disesuaikan dengan bahan yang tersedia di sana.

Makanan yang Kaya Akan Rempah

Ilustrasi rempah-rempah Foto: Dok.Shutterstock
Rempah-rempah apa saja yang ada di dalam bobotie? Yang paling utama adalah bubuk kari. Selain itu, beberapa bumbu yang tidak boleh dilewatkan saat membuat bobotie yakni kunyit, jintan, kayu manis, bubuk kari, campuran herba kering seperti kemangi dan oregano, merica, dan garam.
Ada juga bobotie yang diberi tambahan jahe, biji adas, kelabat (fenugreek), biji mustard, cengkeh, dan pala. Ingin menambah rasa pedas? Bobotie juga sering dimasak dengan cabai rawit!
Ingin tahu seperti apa rasa bobotie? Atau ingin menyajikannya untuk menu buka puasa keluarga tercinta? Moms, coba saja buat sendiri dengan resep yang telah kami siapkan untuk Anda di sini.
ADVERTISEMENT