Kenapa Ada Anak yang Takut Masuk Sekolah?

17 Oktober 2022 12:12 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
ilustrasi anak takut masuk sekolah. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
ilustrasi anak takut masuk sekolah. Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Momen pertama kali masuk sekolah menjadi pengalaman baru bagi anak. Beberapa anak merasa antusias karena akan bertemu dengan teman-teman baru. Namun, tak sedikit juga anak yang merasa takut, bahkan enggan berangkat ke sekolah.
ADVERTISEMENT
Mengutip Verywell Family, takut sekolah merupakan salah satu hal umum yang dialami anak dalam menghadapi sekolah baru, bahkan ada yang fobia. Tandanya bisa jadi berbeda dari satu anak dengan anak lainnya.
“Beberapa anak akan menunjukkan isyarat eksternal, seperti menolak naik bus sekolah, menolak keluar dari tempat tidur, atau memberitahu orang tua bahwa mereka tidak ingin pergi ke sekolah,” jelas Nora Hug, LCSW, pekerja sosial klinis berlisensi di New York, Amerika Serikat.
Selain itu, beberapa anak mungkin punya cara lain untuk menolak pergi ke sekolah, seperti bolos dari pelajaran tertentu atau pura-pura sakit. Bahkan, ada pula anak yang benar-benar merasa sakit karena saking takutnya pergi ke sekolah, seperti sakit perut dan sakit kepala.
ADVERTISEMENT
“Fobia atau penghindaran sekolah dapat dimulai sebagai sakit perut atau gejala fisik lainnya,” ungkap ahli kesehatan mental di sekolah dasar Julie Walker, MS, LMFT.
Lantas, sebenarnya apa yang menyebabkan anak takut masuk sekolah? Simak penjelasan berikut ini, Moms.

Penyebab Anak Takut Masuk Sekolah

Ilustrasi anak takut masuk sekolah. Foto: Shutterstock
Menurut terapis pernikahan dan keluarga berlisensi di Minnesota, Amerika Serikat, Bridget Mozina, MA, LMFT, penyebab anak takut masuk sekolah bisa dikaitkan dengan usianya. Misalnya, anak-anak yang lebih kecil umumnya masih mengalami tantrum, sulit berpisah dengan orang tua, enggan mengerjakan tugas sekolah, atau sulit mendapatkan teman. Hal itulah yang membuatnya takut masuk sekolah.
Selain itu, pada anak yang lebih besar, penyebabnya mungkin bisa berbeda.
“Pada remaja, mungkin ada tugas yang hilang, nilai di bawah rata-rata atau perubahan signifikan dalam kisaran pencapaian rata-rata mereka, berhenti ketika masalah muncul, dan bolos kelas,” jelas Mozina.
ADVERTISEMENT
Sementara menurut Walker, anak yang takut masuk sekolah bisa juga disebabkan oleh perpaduan berbagai macam faktor, seperti hubungan dengan orang tua yang tidak baik, merasa memiliki harga diri rendah, tantangan akademis, masalah sosial, dan masalah kesehatan mental.
“Biasanya tidak hanya ada satu faktor besar yang menyebabkan fobia sekolah atau penghindaran, sebaliknya itu cenderung menjadi puncak dari faktor-faktor yang telah berkembang dari waktu ke waktu,” ungkap Walker.
Perasaan trauma di masa lalu dan tantangan yang dialami di sekolah sebelumnya bisa juga menyebabkan anak merasa takut masuk sekolah.
“Ini bisa berupa konflik sekolah, intimidasi, atau perasaan tidak aman di sekitar teman sebayanya. Atau mungkin sesuatu terjadi pada seorang siswa di kelas di mana mereka merasa tidak mampu dan itu membuat mereka merasa tidak aman di lingkungan kelas,” kata Hug.
ADVERTISEMENT
Nah Moms, dari paparan tersebut dapat diketahui bahwa anak yang takut masuk sekolah bisa disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari faktor internal hingga eksternal. Untuk itu, penting bagi Anda untuk selalu mendampingi si kecil dan membantunya menghadapi rasa takut, ya.