Kata Dokter: Yang Harus Ibu Lakukan Jika Bayi Minum Susu Formula Basi

6 September 2018 12:31 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi Susu Formula (Foto: Shutterstock)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Susu Formula (Foto: Shutterstock)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Adanya indikasi medis membuat bayi diperbolehkan minum susu formula. Tapi, Anda harus ingat dan sepakat bahwa ASI adalah makanan terbaik, terutama untuk bayi berusia 6 bulan ke bawah.
ADVERTISEMENT
Jika bayi Anda mengonsumsi susu formula, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, salah satunya memastikan susu formula yang diminum si kecil layak minum atau tidak basi, Moms. Bayi yang tidak sengaja minum susu formula basi akan menunjukkan beberapa gejala, seperti muntah, diare, serta terlihat lemas tak bertenaga.
Biasanya susu yang basi akan tampak menggumpal dan juga berbusa. Selain itu, susu yang basi juga menimbulkan bau asam yang menyengat dan rasanya pun akan berubah menjadi asam. Lantas, jika bayi sudah telanjur mengonsumsi susu formula basi, apa yang harus ibu lakukan?
Untuk menjawab hal itu, kumparanMOM menghubungi dr. Yogi Prawira, Sp.A(K) dari RSUPN Cipto Mangunkusumo. Menurutnya, langkah yang paling tepat yang bisa orang tua lakukan ketika anaknya tidak sengaja meminum susu formula basi adalah dengan memberinya minum agar tidak dehidrasi.
ADVERTISEMENT
“Jika terdapat gejala seperti muntah atau diare, maka yang terpenting pastikan kecukupan cairan, jangan sampai anak dehidrasi. Jika anak muntah atau diare cukup sering, berikan oralit untuk mengganti elektrolit yang hilang," jelas dr Yogi kepada kumparanMOM.
Cara Menyiapkan Susu Formula (Foto: Shutterstock)
zoom-in-whitePerbesar
Cara Menyiapkan Susu Formula (Foto: Shutterstock)
Namun, jika bayi menunjukkan gejala yang lebih parah akibat mengonsumsi susu formula basi, ibu harus segera memeriksakan kondisi si kecil ke dokter.
Beri anak minum atau makan sedikit-sedikit tapi sering. Segera bawa ke dokter jika anak muntah hebat, diare bercampur darah, anak tampak lemas, terdapat gangguan kesadaran, atau usia anak masih muda (bayi usia kurang dari satu tahun), ” jelas dr. Yogi.
Nah Moms, jika Anda tidak ingin kondisi di atas menimpa bayi Anda, selalu pastikan si kecil langsung menghabiskan susu formula yang telah Anda buat. Biasanya, susu formula yang sudah diseduh hanya bertahan hingga 2 jam. Jangan lupa juga untuk selalu mengecek tanggal kedaluwarsa di susu formula bayi Anda, Moms
ADVERTISEMENT