Kata Dokter soal TTN, Masalah Pernapasan yang Dialami Anak Zaskia Adya Mecca

4 Juli 2020 17:56 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Hanung Bramantyo saat mendampingi Zaskia Adya Mecca melahirkan. Foto: Instagram / @zaskiadyamecca
zoom-in-whitePerbesar
Hanung Bramantyo saat mendampingi Zaskia Adya Mecca melahirkan. Foto: Instagram / @zaskiadyamecca
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Keluarga pasangan selebriti Tanah Air, Zaskia Adya Mecca dan Hanung Bramantyo tengah diselimuti kebahagiaan. Pasalnya, Zaskia baru melahirkan anak kelimanya yang diberi nama Bhaj Kama Bramantyo. Bayi berjenis kelamin laki-laki itu lahir pada Jumat (3/7), lewat proses persalinan caesar.
ADVERTISEMENT
Meski tengah berbahagia karena kembali dikaruniai anggota baru di keluarganya, namun Zaskia merasa sedih karena harus rela berpisah sementara waktu dengan anaknya setelah bersalin. Ya Moms, Bhaj Kama rupanya mengalami gangguan pernapasan yang disebut dengan TTN atau Transient Tachypnea of The Newborn.
"Baru pertama kali setelah melahirkan terpisah sama baby-nya *simbol menangis* tadi ketemu cuma ketika imd sebentar.. Sekarang dia harus pasang alat bantu nafas minimal 48 jam, sedangkan aku pasca caesar belum bisa bangun dari kasur buat samper dan nemenin @bhajkama *simbol sedih* ya Allah berat banget rasanya..," tulis Zaskia Adya Mecca dalam salah satu unggahan di Instagram pribadinya.
Tapi sebenarnya, apa itu TTN dan apakah berbabahaya?
ADVERTISEMENT
Dokter Spesialis Anak, dr. Kanya Fidzuno, SpA menjelaskan bahwa TTN adalah suatu kondisi sesak atau gangguan respirasi yang terjadi pada bayi baru lahir yang bersifat transient (sementara atau dalam jangka waktu tertentu) dan tachypnea (napasnya lebih cepat dari yang seharusnya). Hal ini bisa terjadi karena bayi baru lahir tengah beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya. 
"Bayi di dalam kandungan itu kan semua oksigen terpenuhi, nutrisi terpenuhi, dari darah ibunya kan dari tali pusat, terus (dalam kandungan) hangat. Jadi, dia amanlah di dalam kandungan. Begitu lahir, kan tali pusatnya dipotong, semua sumber oksigen, darah, nutrisinya dari itu. Bayi pun harus berusaha untuk menyuplai kebutuhan tersebut dari dirinya sendiri dengan cara bernapas dan menangis adekuat," kata dr. Kanya ketika dihubungi kumparanMOM pada Sabtu (4/7).
Zaskia Adya Mecca. Foto: Munady Widjaja
Kondisi TTN umumnya dialami bayi yang lahir lewat perasalinan caesar. Ya, penyerapan cairan yang lambat di paru-paru janin diperkirakan menjadi penyebab terjadinya TTN, Moms. Itu karena cairan di paru-paru bayi yang dilahirkan secara caesar tidak 'terperas' atau 'tertekan' seperti yang terjadi pada bayi yang lahir lewat jalan lahir pervaginam.
ADVERTISEMENT
"Jadi, dia membutuhkan usaha ekstra untuk membantu paru-paru itu mengembang dan air di dalam paru-parunya itu hilang dan terserap oleh jaringan di sekitarnya," ujar dokter yang juga berpraktik di RS Hermina Jatinegara tersebut.
Namun, jangan khawatir ya, Moms, sebab bayi yang mengalami TTN biasanya akan sembuh dan sehat dengan sendirinya. Tapi, berapa lamanya tergantung dari respons masing-masing bayi. Menurut dr. Kanya ada yang membutuhkan waktu kurang dari 6 jam, 12 jam, 24 jam, atau bahkan ada yang sampai 2-3 hari.
***
Saksikan video menarik di bawah ini.