Ibu Menyusui Suka Sakit Punggung, Kenapa Ya?

1 November 2021 17:23 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ibu Menyusui Suka Sakit Punggung, Kenapa Ya? Foto: Shutter Stock
zoom-in-whitePerbesar
Ibu Menyusui Suka Sakit Punggung, Kenapa Ya? Foto: Shutter Stock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
ASI merupakan makanan terbaik untuk bayi sejak lahir hingga usia enam bulan. Namun tak jarang ibu menemukan tantangan dan hambatan selama proses menyusui. Misalnya masalah sakit punggung yang kerap dialami ibu menyusui.
ADVERTISEMENT
Akibat sakit punggung, aktivitas ibu sehari-hari bisa terhambat. Termasuk kenyamanan untuk terus menyusui si kecil!
Lantas, apa sebenarnya yang menyebabkan sakit punggung pada ibu menyusui?

Penyebab Sakit Punggung pada Ibu Menyusui

Ibu Menyusui Suka Sakit Punggung, Kenapa Ya? Foto: Shutter Stock
1. Postur menyusui yang buruk
Menurut Cedars Sinai Hospital, postur yang tidak tepat saat menyusui dan mengasuh bayi sering menjadi penyebab utama sakit punggung. Misalnya, membungkuk dalam waktu yang lama saat menyusui dapat menyebabkan nyeri otot punggung.
Mengangkat dan menempatkan bayi berulang kali dalam posisi berbeda juga kerap menyebabkan rasa tidak nyaman pada punggung.
2. Nyeri otot pascapersalinan
Nyeri punggung saat menyusui bisa menjadi sisa nyeri kehamilan. Hormon kehamilan, seperti relaksin, biasanya mengendurkan otot, ligamen dan persendian untuk melahirkan. Namun, menurut Brigham Health Hub, otot yang rileks dapat menjadi mudah tegang dan nyeri, terutama karena berat bayi yang bertambah.
ADVERTISEMENT
Rasa sakit ini dapat bertahan selama fase postpartum dan dapat diperparah oleh ketegangan yang disebabkan oleh operasi caesar dan persalinan alami pada otot perut, panggul dan tulang punggung.
Ibu Menyusui Suka Sakit Punggung, Kenapa Ya? Foto: Shutter Stock
3. Pertambahan berat badan
Dikutip dari Health Care University of Utah, fungsi tiroid yang rendah dan stres akibat kehamilan dapat menyebabkan kenaikan berat badan pasca persalinan pada beberapa wanita. Peningkatan berat badan yang signifikan dapat membuat ibu menyusui rentan mengalami sakit punggung.
4. Kurang tidur
Menurut Mom Junction, penelitian menunjukkan bahwa ibu yang tidur kurang dari lima jam semalam selama enam bulan pasca persalinan, tiga kali lebih mungkin untuk mempertahankan berat badan atau bahkan menambah berat badan. Ini lah yang membuat ibu menyusui kemudian kerap mengalami sakit punggung.
ADVERTISEMENT
Penulis: Hutri Dirga Harmonis