Ibu Hamil Makan Buah Jamblang, Boleh Enggak Ya?

8 Mei 2021 9:03 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi buah jamblang untuk ibu hamil.
 Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi buah jamblang untuk ibu hamil. Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Buah-buahan termasuk makanan yang disarankan untuk dikonsumsi ibu hamil. Apalagi buah dikenal mempunyai kandungan nutrisi yang baik untuk ibu dan bayi di dalam kandungan.
ADVERTISEMENT
Meski begitu, ibu hamil harus tetap berhati-hati dalam memilih buah yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi. Nah Moms, apakah Anda pernah mencicipi buah jamblang?
Ya, jamblang merupakan buah yang bentuknya mirip dengan anggur dan memiliki warna ungu kehitaman. Lantas, bolehkah ibu hamil makan jamblang?

Penjelasan soal Buah Jamblang untuk Ibu Hamil

Moms, perlu diketahui bahwa jamblang termasuk buah yang mengandung banyak nutrisi seperti protein, vitamin dan mineral. Ibu hamil ternyata boleh-boleh saja mengonsumsi buah jamblang.
Dikutip dari laman resmi Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), sekitar 100 gram buah jamblang menyediakan 60 kilokalori, karbohidrat 15,56g, protein 0,72g, lemak 0,23 g, kalsium 19 mg, magnesium 15 mg, fosfor 17 mg, kalium 79 mg, natrium 14 mg, zat besi 0,19 mg dan Vitamin A, C, K, dan D, yang semuanya baik untuk kesehatan.
ADVERTISEMENT
Agar lebih jelas, berikut manfaat buah jamblang untuk kesehatan ibu hamil dan janin.

Manfaat Buah Jamblang untuk Ibu Hamil

Ilustrasi buah jamblang untuk ibu hamil. Foto: Shutterstock
1. Mengandung banyak nutrisi
Jamblang mengandung banyak nutrisi seperti vitamin A, vitamin C, vitamin K, vitamin D, zat besi, kalium, kalsium dan antioksidan. Vitamin dan mineral ini dapat membantu memperkuat tulang, meningkatkan kekebalan tubuh dan mengurangi stres selama kehamilan.
2. Menjaga kesehatan jantung
Salah satu manfaat buah jamblang jika dikonsumsi oleh ibu hamil adalah dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Jamblang mengandung potasium dan kalium yang cukup tinggi yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan melancarkan sirkulasi darah ke jantung. Ketika jantung dan pembuluh darah sehat, maka ibu hamil akan terhindar dari penyakit kardiovaskular.
ADVERTISEMENT
3. Mencegah anemia
Pada masa kehamilan tekanan darah ibu hamil harus terjaga untuk membantu pembentukkan janin. Oleh sebab itu, ibu hamil tidak boleh mengalami darah rendah atau anemia. Kandungan zat besi pada buah jamblang berperan untuk membantu produksi sel darah merah, sehingga menjaga tekanan darah tetap terjaga dengan baik.
4. Menyehatkan pencernaan
Makan jamblang selama kehamilan dapat membantu mengatasi masalah pencernaan seperti diare, sembelit dan mag. Selain itu, jamblang juga membantu dalam menangani sindrom iritasi usus besar.
5. Menjaga kesehatan mulut
Jamblang dikenal dengan sifat anti-bakterinya dan efektif mencegah berbagai masalah gigi dan mulut. Bagi ibu hamil yang kerap mengalami masalah seperti mulut pahit dan bau mulut dapat mengkonsumsi buah jamblang untuk mengusir bakteri.
ADVERTISEMENT
6. Mencegah diabetes gestasional
Indeks glikemik yang rendah pada buah jamblang sangat baik untuk mencegah diabetes dan menurunkan kadar gula dalam darah. Hal ini bermanfaat untuk mencegah peradangan berbahaya untuk ibu dan janin. Mengingat, ibu hamil rentan terkena penyakit diabetes gestasional.
7. Meningkatkan penglihatan janin
Jamblang termasuk buah yang mengandung vitamin A tinggi. Vitamin A adalah nutrisi penting yang dibutuhkan untuk mendorong perkembangan penglihatan bayi di dalam kandungan.
(Penulis: Hutri Dirga Harmonis)
****
Saksikan video menarik di bawah ini: