Cara Tingkatkan Kesuburan Pria, Suami Anda Wajib Tahu!

25 Agustus 2020 19:00 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
ilustrasi pasangan suami istri dengan masalah kesuburan. Foto: shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
ilustrasi pasangan suami istri dengan masalah kesuburan. Foto: shutterstock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Jika bicara masalah kesuburan, hal ini biasanya selalu dikaitkan dengan pihak wanita. Padahal, pria juga bisa mengalami gangguan kesuburan lho, Moms. Ya, ketidaksuburan atau dalam istilah medis dikenal dengan sebutan infertilitas dapat terjadi pada wanita maupun pria.
ADVERTISEMENT
Badan Kesehatan Dunia (WHO) menjelaskan bahwa infertilitas merupakan sebuah gangguan sistem reproduksi yang dapat menyebabkan kegagalan pasangan suami istri untuk mendapatkan keturunan dalam satu tahun atau lebih pernikahan, sekalipun telah berhubungan intim secara teratur tanpa menggunakan alat kontrasepsi.
Kondisi ini pun dapat menjadi suatu hal yang sensitif dalam kehidupan rumah tangga, Moms. Bahkan, hal ini bisa menjadi salah satu faktor ketidakharmonisan keluarga. Untuk itu, Dr. Marc Cohen, Pakar Kesuburan membagikan beberapa tips untuk para pria atau suami Anda tentang cara meningkatkan kesuburannya sebagai berikut.
Cara Tingkatkan Kesuburan Pria, Suami Anda Wajib Tahu! Foto: Thinkstock

Cara Meningkatkan Kesuburan Pria

1. Makanan

Ilustrasi makanan sehat bergizi. Foto: Shutterstock
Dikutip dari Bounty Parents, makanan yang dikonsumsi pria secara langsung dapat mempengaruhi produksi testosteron dan air mani. Hal inilah yang nantinya juga akan memberikan pengaruh pada kesuburan pria. Mengonsumsi makanan dengan kadar lemak jenuh dan gula tinggi dapat mempengaruhi kesuburan pria menjadi lebih buruk.
ADVERTISEMENT
Namun, sebuah penelitian menunjukkan bahwa kondisi ini dapat diatasi apabila pasangan dapat melakukan diet lemak tak jenuh dengan mengonsumsi berbagai jenis sayuran, biji-bijian, dan ikan. Cara ini pun dianggap dapat meningkatkan kesuburan pria.

2. Jaga Organ Reproduksi

Ilustrasi memegang penis Foto: derneuemann via pixabay
Hindari cedera pada testis! Karena kerusakan testis akibat cedera yang biasanya disebabkan oleh suatu pekerjaan atau olahraga misalnya dapat menyebabkan kemandulan. Selain itu, pasangan Anda juga perlu memperhatikan agar area testis tidak terlalu panas. Sebab, suhu tinggi dapat menekan fungsi sperma dan menurunkan kesuburan.
Usahakan, Anda dapat memilih pakaian dalam untuk pasangan Anda yang berbahan nyaman dan tidak ketat. Jika suami senang sauna atau mandi air panas, sebaiknya mulai dikurangi agar tak mengganggu kesuburannya. Meletakkan benda panas, seperti laptop di area selangkangan pun ada baiknya dihindari.
ADVERTISEMENT

3. Ubah Gaya Hidup

Ilustrasi minuman beralkohol. Foto: dok.Shutterstock
Mengonsumsi alkohol secara berlebihan dapat mempengaruhi kualitas sperma, mulai dari konsentrasi, pergerakan, bentuk, hingga tingkat testosteron sperma. Tak hanya alkohol, merokok juga dapat menurunkan fungsi organ reproduksi pria. Kebiasaan merokok ini dapat menurunkan semua parameter normal sperma, baik jumlah spermatozoa, kemampuan gerak, serta bentuk dari spermatozoa itu sendiri, Moms.

4. Teknologi

Ilustrasi menggunakan hp. Foto: pixabay.com
Studi terbaru menunjukkan bahwa radiofrequency (RF) dan radiasi yang dipancarkan gadget dan perangkat elektronik lainnya berdampak negatif pada kualitas sperma. Kendati penggunaan gadget ini tak dapat dihindari oleh siapa pun, ada baiknya Anda mulai menjauhkan barang tersebut dari area genital (tak menaruh hp di saku celana misalnya) dan mematikan hp atau menggunakan airplane mode di malam hari untuk mengurangi paparan RF tersebut.
ADVERTISEMENT
Perubahan gaya hidup sederhana ini sangat penting untuk meningkatkan kesuburan pria atau pasangan Anda. Namun, apabila berbagai hal tersebut sudah dilakukan tapi tidak ada perubahan yang signifikan, tak ada salahnya untuk berkonsultasi ke dokter ya, Moms.