Bolehkah Bayi Minum Susu Formula Kambing?

5 November 2020 15:54 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
susu formula - POTRAIT Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
susu formula - POTRAIT Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Memberikan susu formula untuk bayi tidak boleh sembarangan, Moms. Ya, seperti yang diketahui, ASI adalah nutrisi terbaik untuk bayi. Sehingga pemberian susu formula harusnya hanya dilakukan atas rekomendasi dokter karena ada beberapa masalah medis pada bayi atau pun ibu.
ADVERTISEMENT
Mulai dari bayi berisiko hipoglikemia dengan gula darah yang tidak meningkat meski sudah disusui dengan baik dan diberi tambahan ASI perah, adanya gejala dehidrasi seperti frekuensi urine kurang dari 4 kali sehari di hari kedua setelah ia lahir, hingga kondisi ibu yang tidak memungkinkan menyusui bayi karena mengidap HIV misalnya.
Saat ini jenis-jenis susu formula untuk bayi juga sudah beragam. Jika sebelumnya, susu formula terbuat dari protein sapi, kini di e-commerce sudah mulai bermunculan susu formula kambing yang diimpor dari luar negeri. Susu formula kambing ini diklaim bisa diberikan untuk anak yang alergi susu sapi.
Tapi, benarkah susu formula kambing boleh diminum bayi? Sebelum memberikannya, simak dulu penjelasan dokter yuk, Moms.
susu formula Foto: Shutterstock

Tidak Direkomendasikan Dokter Anak

Moms, sebelumnya Anda harus tahu dulu bahwa susu formula kambing hingga saat ini belum diproduksi di Indonesia. Apabila Anda menemukannya di e-commerce, maka susu formula kambing tersebut sudah pasti diimpor dari luar negeri.
ADVERTISEMENT
Dokter Spesialis Anak, dr. Meta Herdiana Hanindita, Sp.A menjelaskan bahwa susu kambing dan susu formula kambing kandungannya berbeda. Susu formula kambing sudah dibuat sedemikian rupa agar aman diminum bayi. Sementara susu kambing tidak boleh diberikan untuk bayi di bawah satu tahun.
"Susu kambing, domba, dan lain-lain, tidak boleh diberikan pada bayi di bawah usia satu tahun kecuali telah dibuat menjadi susu formula bayi. Tapi sampai dengan saat ini, belum ada susu formula berbahan dasar susu mamalia lain selain sapi di Indonesia," kata dr. Meta kepada kumparanMOM, Rabu (4/11).
Meskipun sudah dijual di luar negeri dan diimpor ke Indonesia, menurut dr. Meta, susu formula kambing tetap belum direkomendasikan untuk diminum bayi. Sebab, hingga saat ini belum ada penelitian dan uji coba di Indonesia terkait susu formula tersebut.
ADVERTISEMENT
"Tidak direkomendasikan. Karena Indonesia masih tidak ada susu formula berbasis mamalia selain sapi," paparnya.
Lantas, susu formula apa yang aman diberikan untuk bayi yang alergi susu sapi?
susu formula Foto: Shutterstock

Susu Alternatif Bagi Bayi yang Alergi Susu Sapi

Ada beberapa susu formula alternatif untuk anak yang alergi susu sapi. Mulai dari susu sapi dengan protein yang terhidrolisis, hingga susu formula soya. Nah Moms, untuk mendapatkan susu formula terbaik bagi bayi yang alergi susu sapi, Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.
"Sebenarnya tergantung derajat alerginya. Jika bayi alergi susu sapi ringan-sedang, maka dokter akan meresepkan susu formula sapi dengan protein yang telah terhidrolisis ekstensif. Namun jika alergi susu sapinya berat, dokter akan meresepkan susu formula sapi dengan asam amino. Tapi susu-susu ini harus atas saran dari dokter ya," tutupnya.
ADVERTISEMENT