Bisa Dicoba, Ini 3 Ide Permainan Sensori untuk Anak Selagi #DiRumahAja

17 April 2020 18:50 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi anak bermain jelly sensory. Foto: Shutter Stock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi anak bermain jelly sensory. Foto: Shutter Stock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Sudah hari ke berapa Anda dan si kecil tetap berada di rumah selama pandemi virus corona? Mungkin tak heran bila si kecil mulai bosan selama social distancing ini. Ini tandanya Anda harus memutar otak, kegiatan apa lagi yang bisa dilakukan anak untuk menghalau rasa bosannya.
ADVERTISEMENT
Bila Anda kehabisan ide, cobalah untuk bermain sensory play atau permainan sensori. Sebab, banyak manfaat yang bisa didapat. Dilansir Educational Play Care, sensory play sangat bagus untuk perkembangan otak anak, sehingga membantu untuk membangun koneksi saraf di jalur otak.
Kebanyakan anak yang sering dilatih sensorinya, umumnya memiliki kemampuan indra yang baik juga, terkait penglihatan, penciuman, pendengaran, sentuhan dan rasa.
Bermain sensori ini tak cuma untuk anak balita lho Moms, jadi si kakak juga bisa ikut serta bermain bersama. Nah, berikut ide bermain sensori dari kumparanMOM dengan memanfaatkan bahan yang ada di rumah.

1. Finger painting

Ilustrasi anak bermain finger painting. Foto: Shutter Stock
Finger painting merupakan salah satu kegiatan seru yang bisa dilakukan oleh anak-anak selagi social distancing. Dari permainan finger painting, Anda bisa mengenalkan si kecil tentang warna.
ADVERTISEMENT
Untuk bermain finger painting Anda tidak perlu membeli cat air. Lebih baik, membuat adonan sendiri dengan bahan-bahan yang aman. Anda hanya perlu menyiapkan tepung terigu, sagu, air, dan pewarna makanan.
Dalam memilih pewarna makanan lebih baik pilih warna primer, yaitu merah, biru, kuning, agar nantinya si kecil belajar mencampur warna. Nah untuk langkah-langkahnya, sebagai berikut:
ADVERTISEMENT

2. Pasta Warna-warni

Ilustrasi pasta warna-warni dijadikan sensory play. Foto: Shutter Stock
Hands On As We Grow melansir, pasta bisa jadi aktivitas sensorik yang menarik. Sebab si kecil dapat mengeksplorasi dengan rasa atau sentuhan dan bahkan suara.
Bahan yang digunakan pun bahan-bahan yang biasa ada di rumah, yaitu pasta, pewarna makanan, dan botol. Caranya, campurkan pasta dengan pewarna makanan, lalu diamkan hingga kering. Dan setelah itu biarkan pasta berserakan. Selanjutnya ajarkan anak untuk menakar pasta tersebut dengan memasukkannya ke dalam botol.

3. Agar-agar Harta Karun

Ilustrasi anak bermain sensory play dengan agar-agar . Foto: Shutter Stock
Agar-agar juga bisa menjadi pilihan untuk aktivitas sensorik si kecil, Moms. Karena tekstur dari agar-agar yang kenyal, bisa membuat melatih motoriknya. Untuk bahannya Anda perlu siapkan agar-agar dan air. Supaya si kecil penasaran dan tidak geli dengan teksturnya, Anda bisa tambahkan benda-benda kecil yang bikin si kecil tertarik.
ADVERTISEMENT
Cara membuatnya sama seperti membuat agar-agar pada umumnya, yaitu dengan masak agar-agar hingga mendidih. Setelah itu diletakan dalam wadah. Diamkan sebentar, lalu masukkan benda-benda pilihan Anda ke dalam agar. Lalu, masukkan ke dalam kulkas. Jika sudah beku, siap deh anak Anda bermain. Caranya, minta si kecil untuk mencari benda-benda yang ada di dalam agar-agar tersebut.
Selamat mencoba!