Berapa Lama Idealnya Anak Bermain Dalam Sehari?

30 Mei 2021 12:32 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi anak bermain pasir di rumah.
 Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi anak bermain pasir di rumah. Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Jangan heran bila anak Anda senang sekali bila diajak bermain. Sebab, bermain memang dunianya anak-anak. Selain menyenangkan, bermain ternyata punya banyak manfaat untuk si kecil. Mulai dari melatih gerak motoriknya, menstimulasi kemampuan kognitifnya, hingga mengajarkan anak bersosialisasi.
ADVERTISEMENT
Pada anak yang lebih besar, bermain bahkan bisa mengasah kemampuan problem solving atau memecahkan masalah. Hal itu disampaikan Psikolog Anak dan Keluarga, Vera Itabiliana, S.Psi, Psikolog.
"Anak itu gampang belajar kalau senang. Bagaimana dia senang? Salah satunya lewat bermain. Untuk usia sekolah, bermain bisa melatih anak belajar bersosialisasi serta memahami aturan," jelas Vera dalam #MainYuk Bersama Paddle Pop yang digelar secara virtual, Jumat (28/5).
Lantas, berapa lama idealnya anak bisa bermain dalam sehari, ya?

Kata Psikolog soal Waktu Ideal untuk Anak Bermain

Ilustrasi anak bermain. Foto: Shutter Stock
Moms, sebelum menjawab pertanyaan di atas, Anda harus paham dulu arti dan konsep bermain. Ya, menurut Vera, bermain adalah aktivitas menyenangkan yang didominasi oleh perasaan atau emosi positif.
ADVERTISEMENT
"Nah, sebenernya aktivitas apa pun yg menyenangkan bagi anak, itu adalah bermain," jelas psikolog yang praktik di Lembaga Psikologi Terapan UI.
Itu artinya, kata Vera, tidak ada batas ideal soal berapa lama anak boleh bermain dalam sehari. Sebab, segala aktivitas menyenangkan yang bisa dilakukan anak, masuk ke dalam kategori bermain.
"Susah dibatasinya. Misalnya mandi sambil mainan air, itu juga aktivitas bermain. Membantu orang tua membuat es krim di dapur, itu juga termasuk bermain bila anak senang melakukannya. Menonton tayangan edukasi yang menyenangkan, juga bermain," ujar Vera.
Jadi, tak perlu membatasi aktivitas-aktivitas menyenangkan untuk anak, Moms. Namun, Anda memang perlu mengontrol aktivitas anak setiap harinya. Sebab idealnya, dalam sehari anak punya aktivitas yang beragam, bukan hanya satu kegiatan bermain saja.
Ilustrasi anak bermain. Foto: Shutterstock
Sementara itu, di masa pandemi seperti ini, aktivitas bermain anak bersama teman-temannya otomatis memang berkurang. Sehingga, tak ada salahnya Anda membuat kegiatan bermain virtual, agar kemampuan sosialisasi anak tetap bisa dilatih.
ADVERTISEMENT
Ya Moms, jangan lupa seimbangkan aktivitas anak setiap harinya. Bila di masa pandemi ini anak jadi lebih akrab dengan gadget, pastikan si kecil punya aktivitas fisik setiap harinya.
Yang tak kalah penting juga, pastikan Anda mendampingi kegiatan bermain anak. Sebab, peran orang tua dalam mendampingi kegiatan anak bisa membuat si kecil lebih maksimal dalam mengembangkan kemampuannya.