ASI Bisa Bikin Bayi Jadi Lebih Pintar, Mitos atau Fakta?

12 November 2021 16:38 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
ASI Bisa Bikin Bayi Jadi Lebih Pintar, Mitos atau Fakta?  Foto: Thinkstock
zoom-in-whitePerbesar
ASI Bisa Bikin Bayi Jadi Lebih Pintar, Mitos atau Fakta? Foto: Thinkstock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Sejak bayi lahir hingga enam bulan pertama kehidupannya, si kecil disarankan untuk diberikan ASI eksklusif. Ya Moms, manfaat ASI memang tidak perlu diragukan lagi karena baik untuk kesehatan bayi sekaligus menunjang tumbuh kembangnya. Pemberian ASI pun dapat dilanjutkan hingga bayi berusia 2 tahun disertai dengan memberikan MPASI yang bergizi.
ADVERTISEMENT
Bahkan, ada anggapan yang menyatakan bahwa ASI bisa bikin bayi jadi lebih pintar. Benarkah demikian? Mitos atau fakta, ya?
ASI Bisa Bikin Bayi Jadi Lebih Pintar, Mitos atau Fakta? Foto: Shutterstock

Kata Ahli soal Anggapan soal ASI Bisa Bikin Bayi Jadi Pintar

Dokter Spesialis Anak, Prof. Dr. dr. Hardiono D. Pusponegoro, SpA(K), mengatakan bahwa ada sebuah studi yang membandingkan anak yang mendapatkan ASI dan yang tidak mendapatkan ASI. Data dari studi observasional di tahun 2013 itu menemukan bahwa IQ anak yang mendapatkan ASI lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidak diberi ASI.
"Anak yang dapat ASI, IQ-nya 3,45 point lebih tinggi dibandingkan anak yang tidak mendapatkan ASI," ujarnya dalam webinar bertema 'Talk Show IDAI: Meet the Expert Bicara ASI' yang diunggah di kanal YouTube resmi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) beberapa waktu lalu.
ADVERTISEMENT
Hal senada juga diungkap Betty Vohr, M.D., Profesor Pediatri di Brown University, AS dalam penelitiannya. Mengutip Parents, penelitian tersebut menunjukkan bahwa ASI memang membuat bayi lebih cerdas.
"Banyak penelitian telah menunjukkan efek menguntungkan dari ASI pada perkembangan mental pada bayi dengan berat badan normal. Kami memutuskan untuk mempelajari efeknya pada bayi yang berisiko tinggi, dengan berat lahir sangat rendah (2 pon, 3 ons atau kurang saat lahir). Kami mengamati 1.035 bayi sejak lahir hingga 18 bulan khususnya terkait kesehatan mental mereka," pungkas Betty.
ASI Bisa Bikin Bayi Jadi Lebih Pintar, Mitos atau Fakta? Foto: Shutter Stock
Dalam studi tersebut diketahui bahwa bayi lahir cukup bulan dan dengan berat badan normal maupun bayi prematur dan berat badan sangat rendah, menunjukkan kalau ASI meningkatkan IQ.
ADVERTISEMENT
"Kami rasa, kemungkinan karena asam lemak tak jenuh ganda rantai panjang yang ditemukan dalam ASI," tuturnya.
Today pun melansir, bayi yang disusui setidaknya selama satu tahun tumbuh lebih cerdas. Hal ini berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Lancet Global Health. Studi yang dilakukan dalam jangka panjang tersebut meneliti bayi baru lahir hingga ia berusia 30 tahun, untuk melihat bagaimana kehidupan mereka. Hasilnya pun membuktikan bahwa mereka mendapatkan skor lebih baik pada tes kecerdasan sebagai orang dewasa.
"Studi kami memberikan bukti pertama bahwa menyusui yang berkepanjangan tidak hanya meningkatkan kecerdasan hingga setidaknya usia 30 tahun, tapi juga berdampak baik pada tingkat individu dan masyarakat dengan meningkatkan pencapaian pendidikan dan kemampuan finansial," ujar Dr. Bernado Lessa Horta, salah satu peneliti tersebut.
ASI Bisa Bikin Bayi Jadi Lebih Pintar, Mitos atau Fakta? Foto: Shutterstock

Pemberian ASI Disertai Stimulasi

Di samping pemberian ASI, untuk dapat meningkatkan perkembangan otak anak Anda juga perlu memberikan stimulasi yang tepat, Moms. Ya, sejak bayi baru lahir ajak lah anak bermain untuk mendukung tumbuh kembangnya menjadi lebih baik. Seperti, mengajak bayi bicara, melakukan tummy time, berbaring di pangkuan orang tua, menggendong, membacakan cerita, dan melakukan aktivitas bersama lainnya.
ADVERTISEMENT
"Secara alamiah, sebetulnya bisa memberi ASI, bermain bersama anak. Bisa kalau kita memanfaatkannya untuk kepentingan anak-anak kita," tutup dr. Hardiono.