Apa yang Sebaiknya Dikonsumsi Anak saat Sahur dan Berbuka?

25 Maret 2023 11:51 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi doa berbuka puasa. Foto: shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi doa berbuka puasa. Foto: shutterstock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Mengajarkan anak untuk ikut berpuasa selama Ramadhan bisa jadi tantangan tersendiri bagi para ibu. Ya Moms, ibu tidak hanya mengajarkan anak untuk tidak makan dan minum selama seharian, namun juga perlu memastikan nutrisi anak tetap tercukupi dan badan tetap sehat.
ADVERTISEMENT
Nah Moms, ada beberapa cara yang bisa dilakukan ibu untuk memastikan kecukupan nutrisi si kecil selama berpuasa. Simak penjelasan selengkapnya dari dokter spesialis anak, Kurniawan Satria Denta, Sp.A, atau yang akrab disapa dr Denta, berikut ini.
Makanan dan Minuman yang Baik untuk Anak saat Berpuasa
Salah satu kunci sukses anak berpuasa adalah sahur. Ya Moms, pastikan anak tidak melewatkan sahur dan makan makanan bernutrisi tinggi agar puasanya lancar.
"Saat sahur, anak sebaiknya mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti roti gandum, nasi merah, oatmeal, dan biji-bijian," kata dr Denta kepada kumparanMOM.
dr Denta juga menyarankan, anak sebaiknya mengonsumsi protein dengan kualitas tinggi. Makanan tinggi protein itu seperti telur, daging, atau ikan. Kemudian si kecil juga sebaiknya menyantap sayuran dan buah-buahan yang kaya akan serat dan vitamin.
ADVERTISEMENT
Tak hanya menyediakan makanan yang tinggi nutrisi, penting juga untuk memastikan kebutuhan cairan si kecil terpenuhi, Moms. Sehingga meski puasa seharian penuh, ia tidak dehidrasi.
"Mengonsumsi cairan dalam jumlah yang cukup mulai dari waktu berbuka hingga sahur. Selain itu, hindari minuman yang mengandung gula tinggi atau bahkan kafein tinggi," imbuh dokter Denta.
Mengutip laman IDAI, kebutuhan cairan anak 4 – 8 tahun sebanyak 1700 mL/hari. Sedangkan anak umur 9 – 13 tahun laki-laki sebanyak 2400 mL/hari dan perempuan 2100 mL/hari.
Selain memperhatikan menu sahur, pastikan anak juga mengkonsumsi makanan sehat saat berbuka puasa ya, Moms. dr Denta meminta para orang tua tak memberikan anak-anak makanan tinggi lemak, gula atau garam. Hal itu bisa membuat perut anak tak nyaman.
ADVERTISEMENT
=====
Dapatkan informasi terupdate seputar dunia parenting dan motherhood setiap hari hanya di Moms Update! Cari tahu informasi lengkapnya di media sosial kumparanMOM! Klik di sini.