Ajak Anak Main Sensory Play, Apa Manfaatnya?

29 Juli 2022 20:16 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
9
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Manfaat bermain sensory play. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Manfaat bermain sensory play. Foto: Shutterstock
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Bermain tidak hanya menyenangkan bagi anak, aktivitas ini juga bisa menjadi cara untuk mendukung perkembangan si kecil. Karenanya, orang tua juga harus selektif saat memilih permainan yang tepat. Misalnya saja sensory play.
Sesuai istilahnya, sensory play merupakan aktivitas bermain yang dapat memberikan stimulasi terhadap lima panca indra, mulai dari indra penglihatan, pendengaran, sentuhan, penciuman, dan perasa. Satu aktivitas sensory play bisa hanya menstimulasi satu indra, bisa beberapa indra sekaligus, Moms.
Dilansir Cleveland Clinic, permainan yang berfokus pada indra dapat membantu anak mengoptimalkan keterampilan motorik halus dan kasar, meningkatkan kemampuan kognitif, mendorong interaksi sosial, hingga meningkatkan kemampuan bahasa. Lebih lanjut, sensory play dapat membantu menstimulasi dua sistem sensorik, yaitu vestibular (keseimbangan) dan proprioseptif (gerakan).
Sensory play juga sangat bagus untuk perkembangan otak anak karena akan membantu membangun koneksi saraf di jalur otak. Tidak heran, kebanyakan anak yang sering dilatih sensorinya, umumnya memiliki kemampuan indra yang baik pula.
Membangun aktivitas bermain sensorik ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan bahan dan alat yang ada di rumah. Misalnya dengan memperkenalkan tekstur, warna, dan aroma lewat beach sensory play.
Anda bisa mengenalkan seperti apa laut kepada anak dengan “membangun” sebuah pantai mini menggunakan barang-barang sederhana seperti air, pasir, batu kerikil, dan mainan binatang laut milik si kecil. Anda juga bisa menambahkan efek buih menggunakan sabun Probaby.
Ya Moms, selain bisa membuat momen #MandiJadiFun, Probaby sekaligus membantu stimulasi indra penciuman dan penglihatan si kecil dengan aroma menyenangkan dan botol yang warna-warni. Probaby memiliki 5 varian aroma menyenangkan serta kemasan berwarna cerah. Ada varian Cheerful Giggle, Silky Cuddle, Lovey Sky, Summer Sweet dan Sunny Shine.
Apalagi Probaby diformulasikan khusus agar aman untuk kulit bayi. Dengan kandungan bisabolol yakni kandungan pada chamomile oil, provitamin B5, dan Panthenol, serta berbahan dasar air, formulanya lebih lembut dan cocok untuk newborn sampai usia 3 tahun. Teruji Hypoallergenic, Probaby juga tidak pedih di mata sehingga lebih aman untuk si kecil.
Moms, sensory play akan lebih menyenangkan bila dilakukan bersama-sama dengan anak lain, sehingga si kecil pun bisa belajar bersosialisasi. Jadi, yuk ajak si kecil ikut kegiatan Baby’s Day Out ‘Beach Sensory Play’ dalam program Weekend Seru menyambut Hari Anak Nasional yang akan diselenggarakan pada 30-31 Juli 2022, pukul 08.00 WIB di Taman Anggrek Gelora Bung Karno (GBK).
Yuk, ajak si kecil ikut kegiatan Baby’s Day Out ‘Beach Sensory Play’ dalam program Weekend Seru menyambut Hari Anak Nasional yang akan diselenggarakan pada 30-31 Juli 2022, pukul 08.00 WIB di Taman Anggrek Gelora Bung Karno (GBK). Foto: kumparan
Di sini, si kecil akan diajak melakukan sensory play dengan mengenal berbagai tekstur, aroma, hingga mengenal benda-benda bersama komunitas Playdate Indonesia. Jangan khawatir, acara ini gratis dan para peserta juga akan mendapatkan beach sensory kit untuk mengikuti kegiatan.
Agar anak bisa bermain dengan nyaman, jangan lupa untuk membawa perlengkapan yang diperlukan seperti pakaian ganti ya, Moms. Sehingga ia pun bisa puas bermain air.
Selain sensory play, masih banyak lagi kegiatan seru yang bisa Anda dan anak sambangi di Weekend Seru. Mulai dari Fun Science, Picnic Zone, hingga Pet Show. Orang tua juga bisa mendapatkan berbagai informasi seputar parenting bersama para expert saat sesi talkshow.
Jadi, jangan lupa catat tanggalnya dan sampai jumpa di Weekend Seru, Moms!
Artikel ini merupakan bentuk kerja sama dengan Probaby