7 Makanan yang Dapat Mencegah Sembelit pada Bayi

21 Januari 2021 11:00 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
7 Makanan yang Dapat Mencegah Sembelit pada Bayi. Foto: Getyy Images
zoom-in-whitePerbesar
7 Makanan yang Dapat Mencegah Sembelit pada Bayi. Foto: Getyy Images
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Ketika bayi mulai makan makanan padat atau MPASI, beberapa di antaranya mungkin akan mengalami sembelit. Ya, hal itu sangat normal Moms, karena tubuhnya masih menyesuaikan diri dengan tekstur dan kandungan dari makanan.
ADVERTISEMENT
Sembelit bisa terjadi akibat bayi alergi terhadap makanan tertentu atau adanya gangguan pada saluran pencernaan Moms. Mengutip dari laman Ikatan Dokter Anak Indonesia atau IDAI pengobatan sembelit untuk bayi bisa dengan cara memberikan cairan yang cukup.
Kemudian, bisa juga diberikan pijatan di perut searah dengan jarum jam untuk merangsang gerakan usus besar. Selain itu, bayi juga harus diberikan makanan yang mengandung cukup serat, agar tidak terjadi sembelit.
Sehingga, Anda bisa mencoba memberikan beberapa makanan berikut kepada bayi agar tidak sembelit. Apa saja?

Makanan yang Mencegah Sembelit pada Bayi

1. Ubi Jalar
Ubi jalar Makanan yang Dapat Mencegah Sembelit pada Bayi Foto: Pixabay
Ubi jalar merupakan makanan yang tinggi serat, berkalori tinggi, dan karbohidrat penting bagi bayi. Selain mudah diolah menjadi makanan bayi, ubi juga tidak menyebabkan sembelit dan dapat membantu meredakan sembelit, Moms.
ADVERTISEMENT
2. Apel
Apel Makanan yang Dapat Mencegah Sembelit pada Bayi Foto: Dok. Shutterstock
Mengutip Healthline, apel merupakan buah-buahan yang kaya akan serat. Apel mengandung serat larut yang sebagian besar berupa serat pangan yang disebut pektin. Di usus, pektin cepat difermentasi oleh bakteri untuk membentuk asam lemak rantai pendek yang menarik air ke usus besar, melunakkan tinja, dan mengurangi waktu transit usus.
3. Brokoli
Brokoli Makanan yang Dapat Mencegah Sembelit pada Bayi Foto: Pixabay
Brokoli adalah sumber vitamin dan juga tinggi serat, Moms. Coba campur brokoli pada MPASI si kecil, bisa juga dijadikan finger food setelah brokoli dikukus hingga matang dan empuk. Selain itu, brokoli juga bisa dijadikan pure agar bayi tidak sembelit.
4. Pir
Pir Makanan yang Dapat Mencegah Sembelit pada Bayi Foto: Shutterstock
Pir juga merupakan buah-buahan yang tinggi serat dan dapat meredakan bahkan mencegah sembelit pada bayi. Buah ini bisa dijadikan pure atau diberikan langsung kepada bayi sebagai finger food, Moms. Sebelum dikonsumsi oleh bayi, pastikan pir yang Anda pilih sudah matang dan berair ya.
ADVERTISEMENT
5. Jeruk
Jeruk Makanan yang Dapat Mencegah Sembelit pada Bayi Foto: Dok. Freepik
Jeruk mengandung flavanol yang disebut naringenin yang dapat mencegah sembelit pada bayi. Selain itu, jeruk juga kaya akan serat larut yang dapat mempercepat waktu transit di usus besar dan mengurangi sembelit.
6. Bayam
Bayam Makanan yang Dapat Mencegah Sembelit pada Bayi Foto: Pixabay
Bayam membantu menambah massa dan berat pada tinja, sehingga membuat tinja lebih mudah untuk dikeluarkan melalui usus. Satu cangkir bayam matang mengandung 4,3 gram serat yang dapat mencegah sembelit pada bayi.
7. Kiwi
Kiwi Makanan yang Dapat Mencegah Sembelit pada Bayi Foto: Pixabay
FirstCry Parenting melansir, karena kaya serat, kiwi sangat membantu dalam meredakan sembelit pada bayi. Namun sebaiknya buah ini dikonsumsi oleh bayi yang sudah berusia 8 bulan untuk menghindari efek ruam popok.