6 Manfaat yang Didapat Anak dari Bermain Lompat Tali

8 September 2019 12:03 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Anak Bermain Lompat Tali Foto: Shutter Stock
zoom-in-whitePerbesar
Anak Bermain Lompat Tali Foto: Shutter Stock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Di era modern seperti ini, gadget tampaknya jadi mainan yang kerap digemari anak ya, Moms? Padahal ada banyak mainan yang bisa dilakukan di luar ruang dan tidak kalah menyenangkan dari bermain gadget! Sebut saja permainan lompat tali.
ADVERTISEMENT
Saat kecil, Anda mungkin juga sering memainkannya dengan teman-teman di rumah atau di sekolah. Selain seru dan menyenangkan, bermain lompat tali juga punya beragam manfaat yang baik untuk anak. Dilansir laman resmi Sahabat Keluarga Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, berikut enam manfaatnya:
1. Sebagai Hiburan
Anak Bermain Lompat Tali Foto: Shutter Stock
Tentu manfaat pertama dari permainan lompat tali adalah sebagai sarana hiburan. Dengan bermain lompat tali si kecil akan merasa terhibur dan senang. Yang berarti rasa jenuh akan berkurang.
2. Melatih Otot Motorik
Permainan lompat tali bisa melatih otot motorik anak. Dengan melompat seluruh otot akan digunakan hingga kelincahan motoriknya terlatih.
3. Menyehatkan
Selain melatih otot motorik, bermain lompat tali juga menyehatkan, Moms. Sebab pada hakikatnya bermain lompat tali sama seperti olahraga.
ADVERTISEMENT
Saat bermain lompat tali maka anak akan menggerakan seluruh anggota tubuhnya. Gerakan tubuh itulah yang membuat badan menjadi lebih sehat, melenturkan otot dan menambah kebugaran.
4. Menumbuhkan Keberanian Anak
Bermain lompat tali. Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan
Bermain lompat tali juga bisa menumbuhkan keberanian anak. Ini karena si kecil membutuhkan keberanian untuk melompati tali dengan ketinggian yang berbeda dan telah ditentukan. Semakin tinggi talinya, maka semakin tinggi pula keberanian yang harus dimiliki anak.
5. Menumbuhkan Kepercayaan Diri
Anak-anak Bermain Lompat Tali Foto: Shutter Stock
Main lompat tali juga bisa menumbuhkan kepercayaan diri anak. Ketika bermain lompat tali, secara bertahap, si kecil harus melompatinya dengan ketinggian yang sudah diatur.
Hal ini persis dengan teori belajar konsep spiral, di mana anak-anak belajar dari hal yang mudah ke sulit, dari sederhana ke yang lebih kompleks. Ya Moms, metode ini merupakan konsep belajar secara psikologis yang sangat membantu perkembangan belajar anak karena si kecil lebih merasa nyaman dan tidak takut untuk mencoba.
ADVERTISEMENT
6. Melatih Kedisiplinan
Kedisiplinan anak juga ikut dilatih dari permainan lompat tali. Karakter disiplin ini terbangun saat dirinya mengikuti aturan yang telah disepakati, mulai dari melompat sesuai urutan baris hingga ketinggian tali yang sudah ditentukan.
Anak-anak tidak bisa melewati tahapan sesuai keinginanya. Dengan demikian si kecil harus disiplin dan patuh dengan aturan yang sudah ditentukan.
Nah Moms karena berbagai manfaat itulah, yuk dukung si kecil bermain lompat tali dan berikan semangat kepadanya!