6 Ide Sepeda Hias untuk Rayakan 17 Agustus

16 Agustus 2022 12:00 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
7
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ide hias sepeda. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ide hias sepeda. Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Beragam kegiatan seru digelar untuk merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Mulai dari lomba makan kerupuk, memindahkan kelereng, balap karung, hingga menghias sepeda.
ADVERTISEMENT
Ya Moms, menghias sepeda memang jadi momen yang dinantikan anak-anak. Sebab, setelah itu mereka bisa keliling bersama dengan teman-temannya menggunakan sepeda hias tersebut. Tak hanya itu, hal ini juga bisa menjadi ajang kreativitas sekaligus mengembangkan kemampuan motorik anak.
Bahkan, sepeda yang memiliki hiasan atau dekorasi paling kreatif, unik, dan menarik, biasanya bisa mendapatkan hadiah, lho!
Nah Moms, berikut beberapa referensi atau ide dari kumparanMOM untuk membantu Anda menghias sepeda si kecil.

Deretan Ide Dekorasi Sepeda untuk Rayakan 17 Agustus

1. Sepeda hias dari kertas merah putih
Ide hias sepeda dari kertas warna-warni. Foto: Shutterstock
Berhubung 17 Agustus diperingati sebagai Hari Kemerdekaan Indonesia, nuansa merah putih tampaknya perlu digunakan saat menghias sepeda. Ya Moms, kedua warna itu merupakan ciri khas bendera Indonesia.
ADVERTISEMENT
Salah satu yang bisa dilakukan adalah menghias sepeda menggunakan kertas krep warna merah putih. Agar lebih menarik, Anda bisa menambahkan ornamen lain, seperti bendera merah putih berukuran kecil dan pita merah putih.
2. Sepeda hias dari kertas warna-warni
Ide hias sepeda dari kertas warna-warni. Foto: Shutterstock
Selain kertas merah putih, Anda juga bisa menggunakan kertas krep warna-warni untuk menghias sepeda anak. Jika menggunakan warna-warni, sepeda si kecil akan tampak lebih berwarna dan menarik, Moms. Anda bisa menambahkan balon berwarna merah putih, pita merah putih, dan rumbai-rumbai berwarna merah putih untuk menambah kesan bangsa Indonesia.
3. Sepeda hias dengan logo HUT RI
Ide hias sepeda dari logo HUT RI. Foto: Shutterstock
Jika memiliki alat dan bahan yang berbatas, Anda bisa menggunakan logo HUT RI dan menempelnya di bagian depan sepeda si kecil. Untuk menambah kesan daya tarik sepeda, gunakan potongan plastik berwarna merah dan putih, lalu tempelkan di pinggiran logo tersebut. Anda juga bisa menambah tempelan kertas warna ke beberapa bagian sepeda, Moms.
ADVERTISEMENT
4. Sepeda hias dengan bentuk binatang
Ide hias hias sepeda jadi bentuk binatang. Foto: Shutterstock
Jika si kecil ingin tampil berbeda, Anda bisa menghias sepeda dengan bentuk pola kepala binatang. Misalnya, kuda, kupu-kupu, ataupun kelinci. Bahan yang digunakan pun cukup mudah ditemukan, salah satunya kardus. Jangan lupa diberi warna menggunakan kertas minyak ya, Moms!
5. Sepeda hias bentuk motor
Ide hias sepeda jadi motor-motoran. Foto: Shutterstock
Selain menggunakan pola binatang, sepeda berbentuk motor ini juga bisa dijadikan referensi untuk menghias sepeda. Anda perlu menggunakan kardus untuk membentuk pola motor tersebut, lalu tempelkan di setiap bagian sepeda. Apabila bentuk motor sudah jadi, Anda bisa mengecatnya dengan cat minyak agar lebih menarik.
Jangan lupa tambahkan ornamen merah putih, seperti pita, bendera kecil, atau stik-stik berwarna merah putih.
ADVERTISEMENT
6. Sepeda hias bentuk mobil
ide hias sepeda jadi mobil-mobilan. Foto: Shutterstock
Jika si kecil lebih tertarik dengan bentuk mobil, Anda juga bisa memanfaatkan kardus untuk membuat sepeda berbentuk mobil-mobilan. Hanya saja, saat melakukannya diperlukan kesabaran dan ketelitian lebih banyak, Moms. Sebab, ada beberapa detail-detail tambahan yang perlu diperhatikan, seperti ban mobil, lampu mobil, dan setir-setiran. Setelah itu, beri warna menggunakan cat minyak atau kertas minyak sesuai keinginan si kecil.