6 Cara Bagi Waktu untuk Karier dan Urusan Rumah Tangga

10 Mei 2022 20:00 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi ibu bekerja. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi ibu bekerja. Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Bisa membagi waktu dengan baik antara urusan karier dan rumah tangga biasanya jadi tantangan umum ibu bekerja. Sebab, selain punya tanggung jawab untuk mengurus keluarga di rumah, ibu juga punya tugas untuk menyelesaikan pekerjaan di kantor.
ADVERTISEMENT
Mengutip Mental Health, istilah work-life balance atau menyeimbangkan waktu untuk keluarga dan pekerjaan di kantor, bukan berarti membagi kehidupan kerja dan kehidupan pribadi dengan proporsi 50 : 50. Namun, lebih pada kepuasan Anda dalam melakukan dua hal tersebut.
Artinya, Anda bisa bekerja sekaligus istirahat dan memanfaatkan waktu berkualitas dengan keluarga tanpa mengorbankan salah satunya.
Nah Moms, agar Anda bisa membagi waktu dengan baik antara pekerjaan dan urusan rumah tangga, berikut beberapa cara yang bisa diikuti seperti dikutip dari Life as Mama.

Tips Bagi Waktu untuk Karier dan Urusan Rumah Tangga

Ilustrasi membuat to-do-list Foto: Dok. Shutterstock
Buat Jadwal Secara Teratur
Membuat jadwal bisa jadi solusi agar Anda bisa membagi waktu dengan baik. Untuk itu, penting bagi ibu bekerja untuk membuat jadwal harian aktivitasnya, baik di rumah maupun di kantor. Jika Anda menulisnya di gadget, Anda bisa membuat jadwal tersebut tersinkronisasi dengan ponsel suami, agar mereka tahu jadwal Anda.
ADVERTISEMENT
Bagi Pekerjaan Rumah
Bagi ibu bekerja yang memiliki kesibukan di luar rumah, melakukan pekerjaan rumah sendirian mungkin akan sedikit merepotkan. Untuk itu, bagilah pekerjaan tersebut pada anggota keluarga yang lain, seperti suami atau bahkan anak sesuai usianya. Anda juga dapat menggunakan jasa asisten rumah tangga (ART) jika memiliki budget lebih.
Optimalkan Waktu Bekerja dan Hindari Distraksi
Ilustrasi ibu bekerja. Foto: Shutterstock
Jika Anda ingin mendapatkan keseimbangan hidup, manfaatkan jam kerja seoptimal mungkin dan sebisa mungkin hindari distraksi. Kurangi bermain media sosial dan mengobrol yang tidak perlu dengan rekan kerja. Jika Anda bekerja dari rumah bersama anak, bekerjalah di ruangan terpisah dengan anak. Beri pemahaman padanya bahwa Anda sedang tidak bisa diganggu, kecuali untuk hal-hal mendesak.
ADVERTISEMENT
Lakukan Persiapan Malam Hari Sebelum Tidur
Pagi hari menjadi waktu sibuk bagi semua orang, tak terkecuali ibu. Sehingga, Anda perlu menyiapkan keperluan diri sendiri dan semua anggota keluarga, sejak malam hari sebelum tidur. Misalnya saja, siapkan bahan-bahan untuk sarapan keluarga dan barang yang perlu dibawa ke kantor.
Permudah Pekerjaan Lainnya
Ilustrasi pesan makanan online. Foto: Shutter Stock
Sebagai ibu bekerja, mungkin tidak semua hal bisa Anda kerjakan sendiri secara manual. Untuk itu, manfaatkan segala akses yang bisa mempermudah pekerjaan Anda lainnya. Misalnya pesan makanan secara daring, belanja online, mengatur pembayaran otomatis, dan mengizinkan anak berangkat sekolah dengan antar jemput.
Hal-hal tersebut dapat menghemat waktu Anda, sehingga Anda bisa memanfaatkan waktu bekerja dengan lebih efisien.
Selesaikan Pekerjaan Sebelum Akhir Pekan
ADVERTISEMENT
Sebagai ibu bekerja, pastikan seluruh pekerjaan selesai tepat waktu agar Anda bisa menikmati waktu bersama dengan keluarga pada akhir pekan. Tidak hanya untuk keluarga, menyelesaikan pekerjaan tepat waktu juga memungkinkan Anda punya waktu luang untuk me-time, Moms.