5 Nutrisi Penting untuk Perkembangan Tulang dan Gigi Janin

22 Juni 2020 9:32 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Janin  Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Janin Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Menjaga tulang dan gigi anak perlu dilakukan sejak dini, bahkan sejak janin masih berada di dalam kandungan. Ya Moms, tahukah Anda bahwa perkembangan tulang dan gigi si kecil sudah terjadi sejak di dalam kandungan, sehingga Anda perlu memberikan makanan bernutrisi tinggi.
ADVERTISEMENT
Lantas, nutrisi apa saja yang dibutuhkan janin untuk perkembangan tulang dan giginya? Melalui Kuliah WhatsApp 'Tips Asupan Nutrisi untuk Gigi Kuat Selama Kehamilan', Selasa (16/6), Dokter Gigi, drg. Dita Firdiana menjelaskan beberapa nutrisi penting berikut ini.

1. Kalsium

Kalsium Foto: Pixabay
Kalsium merupakan nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil untuk pembentukan tulang dan gigi bayi. Selain itu, memenuhi kebutuhan kalsium juga bisa mencegah Anda dari preeklamsia dan menurunkan risiko hipertensi.
Sayangnya, karena tubuh tidak bisa memproduksi kalsium, maka Anda harus memenuhinya dari makanan kaya kalsium, seperti: yogurt, keju, susu, sayuran hijau atau suplemen tambahan yang diresepkan dokter kandungan atau bidan. Nah, untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi selama kehamilan sekaligus mendukung pertumbuhan tulang dan gigi bayi, Anda harus mendapatkan sekitar 1300-1700 mg kalsium setiap hari.
ADVERTISEMENT
'"Jika selama masa kehamilan tidak mendapat asupan kalsium yang cukup, tubuh akan mengambil kalsium dari tulang (bukan dari gigi ya) untuk memenuhi kebutuhan perkembangan janin," jelas dokter yang praktik di Difa OHC, Jakarta Selatan ini.

2. Fosfor

seafood Foto: Shutterstock
Selain kalsium, Anda juga perlu memenuhi kebutuhan fosfor selama hamil untuk mendukung kepadatan tulang dan gigi Anda serta janin.
"Selain kesehatan tulang dan gigi, fosfor juga dibutuhkan kontraksi otot, fungsi ginjal, perbaikan sel dan jaringan tubuh, serta menjaga detak jantung normal," kata drg. Dita.
Untuk perempuan di atas 19 tahun baik yang hamil atau tidak membutuhkan kurang lebih 700 mg fosfor per hari. Anda bisa mendapatkan fosfor dari beberapa jenis bahan makanan, seperti: almond, kacang tanah, telur, susu, daging merah, hingga seafood.
ADVERTISEMENT

3. Vitamin D

Ilustrasi sinar matahari Foto: SplitShire/Pixabay
Vitamin D punya peran penting dalam membantu tubuh menyerap dan mempertahankan kalsium dan fosfor. Tapi ingat, Moms, walaupun bisa didapatkan melalui sinar matahari, jumlah vitamin D yang didapat tubuh tergantung dari banyak faktor, seperti: jenis kulit, musim, dan waktu.
Lebih lanjut, drg. Dita menjelaskan bila ibu hamil perlu mendapatkan asupan vitamin D sebanyak 600 IU atau 15 mcg per hari. Untuk mendapatkan vitamin D, Anda bisa mengonsumsi bahan makanan kaya vitamin D seperti susu, sereal yang telah difortifikasi dengan vitamin D, dan jus jeruk yang telah difortifikasi dengan vitamin D.
"Telur, terutama bagian kuningnya, juga merupakan sumber vitamin D yang baik dan mudah diolah. Bila asupan dari makanan dirasa kurang cukup, dokter kandungan juga bisa meresepkan suplemen tambahan," tambahnya.
ADVERTISEMENT

4. Protein

Ilustrasi telur. Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan
Protein tidak hanya dibutuhkan dalam proses pembentukan sel dan hormon pada ibu hamil dan janin saja, tapi juga dalam proses pembentukan gigi. Ya, protein diperlukan untuk mendorong kristal kalsium-fosfat membentuk enamel pada gigi. Sementara untuk kebutuhannya, ibu hamil trimester pertama perlu setidaknya 76 gram protein setiap hari, lalu 96 gram di trimester kedua dan 116 gram di trimester ketiga.
Meski protein terbuat dari asam amino yang dapat diproduksi sendiri oleh tubuh, tetapi beberapa asam amino harus didapat dari makanan. Apa saja? Anda bisa mendapatkan protein dari daging, produk olahan susu, telur, dan produk olahan kedelai seperti tahu dan tempe.

5. Vitamin C

Strawberry Pannacotta. Foto: Pixabay
Seperti vitamin D, vitamin C juga membantu tubuh menyerap kalsium untuk menjaga tulang dan gigi Anda tetap sehat selama kehamilan. Ketika tulang dan gigi Anda sehat, maka tulang dan gigi bayi di dalam kandungan juga bisa berkembang dengan baik, Moms
ADVERTISEMENT
Ibu hamil membutuhkan sekitar 85 mg vitamin C per hari dan bisa didapatkan dari brokoli, jeruk, tomat, dan strawberry. Lalu, sejak bulan ke-4 kehamilan, tubuh Anda juga sudah mulai mengantarkan kalsium pada bayi untuk memperkuat tulangnya dan terus berlanjut selama masa kehamilan.
"Bakal gusi si kecil sudah mulai terbentuk sekitar minggu keenam kehamilan. Selain itu, perkembangan tulang bayi mulai terjadi sejak akhir trimester pertama kehamilan," tutup drg. Dita.
Ya Moms, kebutuhan nutrisi janin tergantung dari kecukupan nutrisi yang Anda konsumsi. Jadi, agar tulang dan gigi bayi tumbuh dengan baik dan sehat, pastikan Anda mencukupi kebutuhan nutrisi selama kehamilan, ya!