5 Ide Bermain untuk Anak Selama di Rumah ala Tiara Pangestika

26 Agustus 2021 13:57 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
5 Ide Bermain untuk Anak Selama di Rumah ala Tiara Pangestika. Foto: Instagram/@tiarapangestika
zoom-in-whitePerbesar
5 Ide Bermain untuk Anak Selama di Rumah ala Tiara Pangestika. Foto: Instagram/@tiarapangestika
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Bermain menjadi aktivitas yang menyenangkan untuk anak. Dengan bermain anak pun akan mendapatkan beragam manfaat. Bahkan, sejak bayi, bermain juga sangat penting untuk melatih kemampuan motorik halus dan kasar si kecil lho, Moms. Bermain juga bisa mengurangi risiko stres --yang mana bisa saja terjadi di situasi pandemi corona seperti saat ini. Selebgram sekaligus istri Arief Muhammad, Tiara Pangestika, pun selalu meluangkan waktu untuk bermain bersama sang anak, Ibrahim Wishaka El Emran.
ADVERTISEMENT
Perempuan yang akrab disapa Tipang tersebut belakangan ini kerap mengunggah aktivitas bermain bersama Baim --sapaan akrab Ibrahim. Bahkan, permainan yang dilakukan Tipang bersama anak laki-lakinya itu bisa Anda tiru di rumah, Moms. Apa saja? Berikut ide bermain untuk anak di rumah ala Tiara Pangestika.

5 Ide Bermain Bersama Anak di Rumah ala Tiara Pangestika

1. Main Busa dan Gelembung
Ide main busa dan gelembung ini sangat mudah sekali pembuatannya, Moms. Anda hanya membutuhkan sabun, air, dan pewarna makanan. Setelah tercampur bisa diaduk atau diblender hingga menjadi busa atau gelembung!
"Bikinnya gampang banget, tinggal campur sabun dan air, terus dikasih pewarna makanan, blender/aduk sampai jadi foam," tulis Tiara Pangestika dalam keterangan unggahannya itu.
ADVERTISEMENT
2. Mengenal Tekstur Jelly dan Pasir
Untuk ide main yang satu ini, Anda cukup menyiapkan mainan anak, misalnya binatang mainan seperti milik Baim. Kemudian, siapkan wadah yang sudah dicampur air dan masukkan bahan dasar agar-agar. Setelah tercampur rata, masukkan mainan tersebut ke dalam wadah tersebut. Untuk pasir, Anda bisa menggunakan tepung. Cara lengkapnya, Anda bisa melihat unggahan video Tipang di video atas ya, Moms.
3. Main Es Batu
Main es batu juga bisa merangsang kemampuan sensorik anak. Caranya, cukup cetak es batu di wadah yang Anda miliki atau wadah es batu. Kemudian masukkan mainan anak, dinosaurus misalnya --seperti yang dilakukan Baim. Diamkan selama beberapa jam di lemari es. Setelah sudah beku atau menjadi es, silakan bermain bersama anak, Moms!
ADVERTISEMENT
4. Melukis Telur
Bila Anda dan anak suka makan telur, jangan buang cangkangnya ya, Moms. Sebab, cangkang telur bisa kita buat mainan untuk si kecil. Namun sebelumnya, cuci terlebih dulu telur. Setelah kering, Anda bisa mewarnai atau melukis telur sesuka Anda maupun anak, Moms!
"Berhubung tiap hari masak telur, mari pergunakan sisa cangkangnya buat mainan Baim," tulis Tipang.
5. Main Petik Buah dan Sayur
Bila Anda kini mungkin belum bisa mengajak anak untuk turun langsung memetik buah atau sayur di kebun, tak ada salahnya untuk bermain pura-pura atau pretend play seperti yang dilakukan Tipang bersama anaknya. Ya, dalam unggahan di atas, Tipang dan Baim pretend play memetik buah dan sayur mainan, serta mencuci buah.
ADVERTISEMENT
"Anaknya sudah enggak jijikan, malah senang banget. Nanti ajak yang beneran ya, Papi @ariefmuhammad," tulisnya.
Nah Moms, itulah beberapa ide bermain anak ala Tiara Pangestika yang bisa Anda lakukan juga bersama si kecil di rumah. Bagaimana, tertarik melakukannya bersama si kecil?