4 Tips Agar Bayi Tidur Lebih Nyenyak pada Malam Hari

11 Mei 2022 14:03 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi bayi tidur Foto: Shutter Stock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi bayi tidur Foto: Shutter Stock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Salah satu tantangan yang dihadapi ibu setelah melahirkan adalah kurangnya waktu istirahat, terutama saat malam hari. Ya Moms, bayi baru lahir biasanya lebih sering terbangun tengah malam daripada siang hari. Namun, seiring bertambahnya usia, jadwal tidur bayi akan lebih teratur.
ADVERTISEMENT
Bayi baru lahir biasanya menghabiskan waktu antara 14 sampai 17 jam untuk tidur. Kemudian, 4 sampai 6 jam dari waktu itu digunakan untuk tidur siang. Namun, kebanyakan bayi tidur siang lebih dari waktu tersebut. Akibatnya, pada malam hari bayi akan terbangun untuk menyusu, lalu kembali tidur.
Ilustrasi bayi terbangun tengah malam. Foto: Littlekidmoment/Shutterstock
Nah Moms, untuk mengatasinya, Anda bisa mulai membuat jadwal kebiasaan bayi. Harapannya, langkah itu bisa membuat jadwal keseharian bayi menjadi lebih teratur, termasuk soal tidur. Selain membuat jadwal, ada beberapa cara lain yang bisa dilakukan. Apa saja? Berikut rekomendasinya seperti dikutip dari The Bump.

4 Tips Agar Bayi Tidur Lebih Nyenyak pada Malam Hari

Jangan terlalu lelah
Aktivitas terlalu lelah bisa menjadi penyebab bayi sulit tidur. Oleh karena itu, cobalah untuk membatasi aktivitas si kecil seperti tidak bermain terlalu lama, atau tidak terlalu sering membuatnya tertawa terbahak-bahak karena akan menguras energi bayi. Sebab bila bayi terlalu lelah, maka membutuhkan waktu tidur lebih lama untuk mengembalikan energinya.
Ilustrasi bayi bermain. Foto: Shutter Stock
Hindari tidur siang terlalu lama
ADVERTISEMENT
Dalam beberapa kasus, biasanya ibu membiarkan si kecil tidur terlalu lama. Ya, kadang perasaan tidak tega pun menghampiri karena melihat bayi sangat pulas. Namun, bila si kecil terlalu lama tidur siang atau hingga larut sore, maka waktu untuk bangun pada malam hari semakin banyak. Selain itu, pastikan juga bayi Anda tidur sesuai dengan usianya.
Buat jadwal menyusu atau makan teratur
Cobalah untuk mengatur waktu menyusu atau makan dengan teratur agar bayi tidak rewel. Selain itu, jadwal menyusu yang teratur dilakukan untuk menghindari bayi terbangun karena lapar, lalu tidur lagi.
Ilustrasi ibu menyusui bayi. Foto: Shutter Stock
Ciptakan lingkungan yang nyaman
Selain membatasi aktivitas bayi, menciptakan lingkungan tidur yang nyaman juga bisa membantu bayi tidur lebih lama. Misalnya, menidurkan di tempat tidur bayi diiringi musik lembut atau white noise.
ADVERTISEMENT