4 Posisi Menyusui Bayi Kembar yang Bisa Anda Coba

10 April 2019 14:58 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Menyusui bayi kembar.  Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Menyusui bayi kembar. Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Mungkin ada ibu yang berpikir menyusui bayi kembar adalah hal yang sulit karena ASI tidak akan cukup untuk memenuhi kebutuhan dua bayi atau lebih. Tapi ternyata pandangan itu tidak benar, Moms. Ibu yang mempunyai bayi kembar tetap bisa menyusui anak-anaknya.
ADVERTISEMENT
Mengutip laman resmi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), payudara ibu yang memiliki bayi kembar distimulasi oleh dua bayi atau bahkan lebih. Maka pengeluaran ASI pun otomatis menjadi lebih banyak, sesuai dengan kebutuhan tiap bayi.
Produksi ASI akan terus bertambah sesuai dengan bertambah aktifnya hormon oksitosin dan prolaktin. Oleh karena itu, isapan bayi memiliki peran yang sangat penting dalam memproduksi ASI. Semakin sering bayi mengisap payudara dan semakin banyak jumlah bayi yang mengisap payudara, maka produksi ASI yang dihasilkan akan semakin banyak.
Karenanya, anggapan bahwa bayi kembar tidak akan mendapat cukup ASI adalah salah. Hal ini perlu dijelaskan kepada ibu dan keluarga, untuk mencegah kepanikan saat bayi lahir.
Menyusui bayi kembar. Foto: Shutterstock
Ibu dengan bayi kembar dua secara konsisten akan memproduksi jumlah ASI dua kali lebih banyak dari jumlah ASI yang diproduksi ibu dengan bayi tunggal. Bahkan ibu dengan bayi triplet dapat memproduksi 3 liter ASI dalam 24 jam. Komposisi laktosa, protein dan lemak sangat bervariasi namun mencukupi kebutuhan bayi.
ADVERTISEMENT
Bayi kembar dapat disusui secara simultan atau terpisah sesuai kebutuhan masing-masing bayi. Menyusui secara simultan lebih menghemat waktu dan memiliki keuntungan lain yaitu bayi yang lebih kuat isapannya akan merangsang refleks aliran untuk kembarannya yang daya hisapnya lebih lemah.
Menyusui bayi kembar. Foto: Shutterstock
Nah Moms, jika Anda ingin menyusui bayi kembar secara simultan, ada 4 posisi yang bisa Anda coba, yaitu:
Letakkan bantal di atas paha dan lalu posisikan si kembar secara menyilang dengan posisi kepala menghadap masing-masing payudara Anda. Posisi menyusui bayi kembar ini sangat nyaman dan aman karena kepala bayi bersandar kokoh pada lengan Anda. Ujung jari Anda juga boleh melingkar di bagian pinggul bayi untuk semakin mengamankan posisi.
ADVERTISEMENT
Bayi dipegang seperti cara memegang bola disisi kanan dan kiri tubuh ibu. Tangan ibu menopang kepala bayi dengan badan bayi berbaring di bawah tangan ibu.
Bayi dipegang seperti menyusui bayi tunggal, dimana ke-2 badan bayi menyilang di atas perut ibu. Posisi ini biasa digunakan pada ibu yang sudah berpengalaman dan bayi dapat mengontrol kepalanya dengan baik.
Bayi pertama dipegang dengan cara football, sedangkan bayi yang lain dipegang dengan posisi cradle. Posisi ini biasa digunakan oleh ibu dengan bayi triplet atau lebih, sehingga bayi terbiasa dan mendapat asupan ASI yang cukup.
Tips memilih nama untuk bayi kembar Foto: Shutterstock
Moms, keempat posisi di atas dapat dengan mudah dipraktikkan, namun untuk pertama kali tetap membutuhkan pendampingan dari tenaga kesehatan. Dengan kesabaran Anda, dukungan suami serta keluarga dan pengetahuan menyusui yang cukup, tenang saja, bayi kembar dapat menyusu ASI eksklusif selama 6 bulan, dan berlanjut hingga berusia 2 tahun dengan disertai pemberian MPASI.
ADVERTISEMENT
Persiapan menyusui bayi kembar memang harus dimulai sejak dini. Pengetahuan mengenai anatomi-fisiologi menyusui, konseling yang mantap, teknik menyusui yang benar, serta asupan nutrisi ibu yang baik dan cukup, sangat mempengaruhi keberhasilan menyusui bayi kembar.