3 Rekomendasi Jenis Makanan untuk Tingkatkan Peluang Melahirkan Normal

13 Juli 2022 19:03 WIB
ยท
waktu baca 2 menit
comment
5
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ibu hamil makan makanan sehat. Foto: Makistock/Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ibu hamil makan makanan sehat. Foto: Makistock/Shutterstock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Ibu hamil kerap melakukan apa saja agar bisa melahirkan normal atau pervaginam. Ya Moms, selain proses pemulihannya yang lebih cepat, risiko bayi dan ibu mengalami komplikasi juga lebih sedikit.
ADVERTISEMENT
Meski tidak semua wanita bisa melakukannya, tetapi ada beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan peluang melahirkan normal. Mulai dari olahraga, menjaga berat badan, hingga selektif dalam memilih makanan yang hendak dikonsumsi.
Ilustrasi ibu melahirkan normal. Foto: Shutter Stock
Ya, makanan yang dikonsumsi tentu saja berperan penting untuk menjaga kesehatan ibu hamil, serta membuka peluang melahirkan secara alami. Oleh karena itu, penting untuk memerhatikan asupan makanan selama kehamilan.
Mengutip Mom Junction, beberapa jenis makanan berikut ini dipercaya bisa bantu meningkatkan peluang melahirkan normal.

Jenis Makanan untuk Tingkatkan Peluang Melahirkan Normal

1. Makanan bergizi seimbang
Ilustrasi ibu hamil makan makanan sehat. Foto: Shutter Stock
Salah satu cara untuk meningkatkan peluang melahirkan normal adalah dengan makan makanan bergizi seimbang. Apalagi, saat hamil tubuh Anda membutuhkan zat besi tambahan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta menambah energi.
ADVERTISEMENT
Selain zat besi, makanan bergizi seimbang bisa diperoleh dari buah-buahan, sayuran hijau, daging tanpa lemak, kacang-kacangan, protein, dan susu yang direkomendasikan untuk ibu hamil.
Anda juga disarankan untuk menghindari makanan yang mengandung retinol, makanan mentah, dan tinggi gula.
2. Makanan mengandung bromelain
ibu hamil makan nanas Foto: Shutterstock
Bromelain adalah enzim yang dapat membantu merangsang persalinan dan melembutkan leher rahim. Enzim ini bisa dalam bentuk tablet ataupun terdapat pada beberapa jenis makanan. Namun, Anda tidak disarankan untuk mengonsumsi bromelain dalam bentuk tablet karena dapat memicu kontraksi dini, perdarahan, hingga meningkatkan risiko keguguran.
Untuk membantu meningkatkan atau merangsang persalinan normal, Anda bisa mengonsumsi bromelain melalui buah mangga dan nanas dengan jumlah sedang. Ya, kedua buah itu memiliki kadar bromelain yang cukup tinggi.
ADVERTISEMENT
3. Makanan pedas
Ilustrasi ibu hamil makan makanan pedas. Foto: Shutterstock
Umumnya ibu hamil disarankan untuk mengurangi konsumsi makanan pedas. Sebab, makanan pedas bisa menyebabkan beberapa gangguan pencernaan, seperti mulas dan diare.
Namun, ada beberapa ibu hamil yang melaporkan bahwa makanan pedas bisa membuat tubuhnya jadi lebih hangat dan mendorong persalinan normal. Sehingga, tak ada salahnya untuk untuk dicoba, Moms. Hanya saja, Anda tidak direkomendasikan untuk mengonsumsinya setiap saat terutama bagi yang tidak suka makanan pedas atau memiliki penyakit lambung.